4 Keistimewaan Bagi yang Gemar Membaca Al Qur‘an

www.griyaalquran.id- Rasa malas membaca Al Qur’an yang sering muncul rasanya akan mudah ditepis jika kita mengetahui berbagai keistimewaan bagi orang yang membaca Al Qur’an. Berikut ini berbagai keistimewaan para pembaca kitabullah.

Membaca Al Qur‘an membuat seseorang akan terus mendapat banyak kebaikan baik untuk dirinya, keluarganya maupun lingkungannya. Tidak hanya menciptakan ketenangan hati dan jiwa bagi pembacanya, tetapi bahkan juga kesembuhan atas berbagai penyakit. 

Mendapat Ketentraman Hati 

Tak ada satupun  orang di dunia ini yang tidak menginginkan ketenangan dalam hidupnya. Hingga banyak hal dilakukan untuk mendapatkan ketenangan hidup. Misalnya dengan mengejar pekerjaan yang bergaji tinggi, berupaya mempunyai rumah yang megah dan sebagainya. Namun berapa banyak orang yang sudah mendapatkannya, namun tak kunjung mendapatkan ketenangan jiwa? 

Baca Juga: Belajar Tegar dengan Doa Nabi Musa

Hanya Allah subhanahu wa ta’ala yang mampu memunculkan ketenangan jiwa, siapapun orangnya. Tak peduli dia kaya atau tak punya. Karena ketenangan ternyata tak bersumber dari harta. 

Membaca Al Qur‘an, ternyata akan memunculkan ketenangan bagi pembacanya. Hal ini berdasarkan firman Allah subhanahu wa ta‘ala.

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Al Qur‘an Surat Ar-Ra’d: 28)

Mendapat Sepuluh Kebaikan di Tiap Hurufnya

Bayangkan jika Allah, Sang Pemilik Alam semesta ini menjanjikan berbagai kebaikan untuk hidup kita? Hanya dengan kebaikan dari Allah itu, kita bisa menghadapi apapun di dunia ini. 

Baca Juga: Begini Melafadzkan Huruf Ro’ Tebal dengan Tepat

Hadist Rasulullah dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Ia berkata bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

Siapa yang membaca satu huruf dari Al Qur‘an, maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan ‘Satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf, dan Miim satu huruf’.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, No. 6469). 

Dimudahkan Jalan Menuju Surga

Keistimewaan selanjutnya  adalah dimudahkannya menuju ke dalam surga Allah subhanahu wa ta‘ala. Hal ini berdasarkan Sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Siapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka mencari ilmu (Al-Qur‘an), maka Allah akan mudahkan baginya jalan ke surga.” (HR. at-Tirmidzi dalam Sunan-nya, disahihkan al-Imam al-Albani  dalam Shahih at-Tirmidzi dan Shahih al-Jami’ ash-Shaghir)

Baca Juga: Keutamaan Surat Al Waqiah, Dari Kelapangan Rezeki Sampai Mudahnya Sakaratul Maut

Membaca Al Qur‘an Dapat Menyembuhkan Penyakit

Bagi seorang hamba yang ditimpa suatu penyakit, ternyata obatnya ada di dalam Al Qur‘an. Hamba yang senantiasa bertakwa kepada Allah akan menjadikan Al Qur‘an sebagai obat penyembuh baginya.

Di riwayatkan dari Ibnu Majah, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Al Qur‘an.” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud).

Masih malas membaca Al Qur’an? Semoga Allah kemudahan untuk kita agar terus bisa mendekatkan diri dengan Al Qur’an. Aamiin. (nwn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat