Keutamaan Surat Al Waqiah, Dari Kelapangan Rezeki Sampai Mudahnya Sakaratul Maut

www.griyaalquran.id – Kemiskinan dan kesusahan kala sakaratul maut seringkali menjadi momok tersendiri. Ada satu surat yang ampuh untuk menangkal kedua momok di atas, yaitu Surat Al Waqiah.

Surat Al Waqiah adalah surat ke-56 dalam juz ke-27. Surat ini dinamai demikian dengan arti ‘kiamat’. Isi dari surat ini sendiri, sebagian besar bercerita tentang kondisi hari kiamat, dan balasan bagi orang-orang mukmin maupun kafir.

Selain hal tersebut, di surat ini juga diceritakan penciptaan api, manusia, dan segala jenis makhluk hidup. Sekaligus menerangkan betapa besarnya kekuasaan dan kekuatan Allah subhanahu wa ta’ala dan hari akhir.

Baca Juga: Dua Ayat Al Qur‘an Ini Bisa Jadi Bekal Seumur Hidup

Sebelumnya, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud dan para ulama mufassirin, bahwa membaca surat ini tiap malam dapat menjauhkan dari kemiskinan. Karena, kala itu, Khalifah Utsman bin Affan memberikan sejumlah harta untuk putra-putra Abdullah. Namun, seketika ia menolak pemberian tersebut dan tidak pernah takut putranya dilanda kemiskinan.

Dilansir dari gomuslim, Abdullah pun berkata, “Apakah Amirul Mukminin takut putra-putraku miskin? Mereka sudah kusuruh membaca surat Al Waqiah tiap malam.”

Ia pun juga mengimbuhkan sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam yang berbunyi, “Barangsiapa membaca surat Al Waqiah tiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya.” (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir)

Selain kemiskinan, ada beberapa fadhilah lain yang bisa didapatkan jika rutin membaca surat Al Waqiah. Berikut beberapa fadhilahnya dilansir dari gomuslim.

Baca Juga: Hukum Menerima Imbalan dari Membaca Al Qur’an

Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Raga

Ketenangan jiwa dan raga dapat diperoleh dengan rutin membaca surat ini serta mendalami maknanya. Dalam hal ini, Imam Muhammad Al-Baqir berkata, “Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah sebelum tidur, maka ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.”

Mempermudah Keluarnya Roh dari Jasad

Jika surat ini dibacakan di sisi oran yang sedang mengalami sakaratul maut, maka surat ini dapat mempermudah proses tersebut. Sehingga, kepedihan sakaratul maut, tidak dirasakan orang tersebut terlalu lama.

Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Fadhilah selanjutnya bagi yang rutin membaca surat ini adalah didapatkannya syafaat ketika hari kiamat tiba. Hal ini terungkap dari Kitab Tsawabul A’mal. Imam Jafar Ash-Shadiq berkata, “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah, dan barangsiapa yang ingin melihat sifat mereka, maka bacalah surat As Sajadah.”

Baca Juga: Inilah Perbedaan Qiyamul Lail dan Sholat Tahajud

Dengan fadhilah-fadhilah tersebut, tentunya akan mempermudah kehidupan kita baik di dunia maupun akhirat nanti. Merutinkan bacaan surat Al-Waqiah sesering mungkin dan memetik syafaat-syafaatnya. (ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat