Prasangka Salah, Menghafal Al Quran Susah

Penghambat kesuksesan terbesar, ternyata diri sendiri. Pun demikian dengan menghafal Al Quran. Bukan orang lain yang membuat jadi sulit, anggapan-anggapan sulit yang kita buat sendiri.

Pernahkah Anda berbicara sesuatu yang negatif pada diri sendiri, misalnya, “Saya tidak mungkin bisa melakukan pekerjaan ini.” Atau, “Saya sepertinya mustahil dapat tender proyek itu.”

Sekilas anggapan ini tampak sepele, tapi hal ini tenyata berdampak sangat besar pada pikiran, tubuh, hingga hidup kita.

Baca Juga: Ingin Bersuara Merdu Saat Membaca Al Qur’an? Simak Penjelasan Ini

Tak jarang, saat ada sekilas keinginan menghafal Al-Qur’an, pikiran kita otomatis dipenuhi prasangka negatif pada diri. “Rasanya saya sibuk, jadi susah atur waktu untuk menghafal.” Ada juga yang berprasangka, “Saya sudah berumur mana mungkin bisa menghafal,” dst. Prasangka-prasangka yang sangat masuk akal. Namun tahukah Anda, bahwa dengan berbagai prasangka itu, secara tidak sadar kita membangun tembok yang sangat tinggi yang menghalangi langkah kita.

Namun sebaiknya kita tahu bahwa Allah memberikan pesan yang mengandung optimisme, membangun prasangka yang baik sekaligus janji yang pasti agar, agar kita tidak berkecil hati dalam saat mencoba sekuat tenaga berinteraksi dengan Al Qur’an, siapapun kita.

Baca Juga: Membaca Ta’awudz Sebelum Membaca Al Qur’an, Wajibkah?

Allah berfirman dalam Surat Al Qamar ayat 17,

وَلَقَدۡ یَسَّرۡنَا ٱلۡقُرۡءَانَ لِلذِّكۡرِ فَهَلۡ مِن مُّدَّكِرࣲ

Yang artinya, “Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”

Coba renungkan ayat ini dengan penuh keimanan bahwa inilah seharusnya yang tertanam dalam benak kita, bahwa Al Qur’an itu serba mudah karena telah dimudahkan oleh pemilikNya.

Al Qur’an itu mudah untuk dibaca, mudah untuk dihafal, mudah utk dipahami, mudah untuk diamalkan.

Renungkan janji Allah ini, lalu mulailah belajar, ulangi dan ulangi membacanya jangan pernah bosan, jangan pernah merasa lelah dalam mencari barokahnya.

Baca Juga: Dr. Aslam: Dulu Saya Merasa Bacaan Al Qur’an Saya Benar

InsyaAllah akan dibukakan karunianya kepada anda karena Al Qur’an, dan Allah akan berikan harapan anda melebihi apa yg anda inginkan.

Semoga Allah rahmati kita dengan Al Qur’an. Aamiin

Tulisan ini ditulis oleh Nur Hasan, Direktur Operasional Griya Al Qur’an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat