Berbagai Program Online Griya Al Qur’an di tengah Pandemi

www.griyaalquran.id- Dengan adanya pandemi COVID-19, maka banyak kegiatan yang harus dilakukan secara online atau melalui media daring, tak terkecuali Griya Al Qur’an yang menerapkan berbagai program online untuk menemani umat Muslim di tengah wabah saat ini.

Di hari-hari terakhir bulan Ramadan ini sebaiknya digunakan untuk mengoptimalkan kegiatan belajar Al Qur’an. Untuk itulah Griya Al Qur’an hadir untuk mengajak seluruh umat Muslim agar senantiasa dekat dengan Al Qur’an.

Meski dalam kondisi pandemi COVID-19 yang juga berdampak cukup signifikan pada Griya Al Qur’an tetapi tak membuat semangat memudar dalam belajar mengajar Al Qur’an. Yang tadinya pembelajaran secara regular dilakukan secara langsung bertatap muka, namun saat ini beralih pada belajar ngaji online.

Hal tersebut disampaikan oleh Ustadz Mufidz Zawawi selaku Manager Kemitraan Griya Al Qur’an beserta Ustadz Denny Baskoro selaku Manager Event & Fundraising Griya Al Qur’an dalam talkshow bersama Radio Suara Muslim Surabaya pada Senin (18/5).

Ustadz Denny menyampaikan bahwa program Griya Al Qur’an tetap berlangsung sebagaimana mestinya, akan tetapi berpindah menjadi online atau melalui media daring. Meski demikian, ia mengaku ada beberapa kendala, sebab siswa yang terdapat di Griya Al Qur’an kebanyakan memang sudah berusia lanjut, sehingga kurang familiar dengan penggunaan media sosial.

“Pada kondisi saat ini memang mau tidak mau teknologi yang ada ini kita manfaatkan. Sehingga proses ini sifatnya double, selain belajar Al Qur’an juga belajar kembali tentang cara memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Jadi siswa kami itu banyak yang kesulitan sehingga kami harus memberikan arahan terlebih dahulu agar saling memudahkan satu sama lain,” ujarnya.

Namun di sisi lain, adapula kabar yang menggembirakan, yang biasanya banyak orang disibukkan dengan kegiatan masing-masing sehingga tidak bisa hadir di kelas regulernya, tapi dalam kondisi saat ini mereka bisa hadir di kelas online yang sudah disediakan oleh Griya Al Qur’an.

Berikut ini beberapa kegiatan atau program online yang dapat diikuti oleh seluruh umat Muslim di tengah pandemic COVID-19, antara lain:

Belajar Ngaji Online

Belajar Ngaji Online merupakan kelas regular yang biasanya dilakukan secara langsung namun sekarang diganti dengan memanfaatkan media daring. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat mengisi kekosongan selama pandemic COVID-19.

Hanya dengan duduk di rumah kalian bisa belajar Al Qur’an dengan sangat mudah. Program ini menggunakan aplikasi WhatsApp dan juga Zoom, bila belum mengetahui cara menggunakan aplikasi tersebut maka dapat meminta bantuan pada keluarga ataupun guru-guru dari Griya Al Qur’an yang akan siap untuk membantu.

“Jika dulu kelas regular sudah ditentukan waktunya, tapi karena ini sifatnya lebih umum dan lebih fleksibel dalam artian dapat diatur sewaktu-waktu sesuai dengan perjanjian kedua belah pihak asalkan 8 kali pertemuan,” jelas Ustadz Denny.

Bila ingin mendaftar Belajar Ngaji Online maka dapat langsung mendaftar dengan menghubungi nomor 083165000250. Nanti akan diberikan persyaratan administrasi yang harus diikuti. Sekaligus siswa akan mendapatkan e-book tahsin serta bonus tahsin pembenahan surat Al Fatihan dan 10 surat pendek yang lainnya.

ISQ (In-house Studies Qur’an)

Ada pula program ISQ (In-house Studies Qur’an), yaitu kegiatan belajar mengajar Al Qur’an yang dilakukan di perkantoran. Bila sebelumnya program ini dilakukan secara langsung namun dengan adanya pandemic COVID-19 diganti pula menjadi kegiatan secara online.

Sementara itu, kantor pun juga terdapat pembatasan, ada yang bekerja di rumah, ada pula yang tetap bekerja di kantor tetapi dengan jumlah karyawan yang dibatasi atau menerapkan physical distancing. Sehingga kegiatan yang dulunya maksimal pun menjadi berkurang.

Klinik Tahfidz Online

Selain itu, ada pula program yang sifatnya event, yaitu Klinik Tahfidz Online. Dengan adanya acara ini diharapkan dapat mengajak seluruh masyarakat secara umum bahkan nasional untuk mengikuti acara tersebut. Selain semakin mengenal Griya Al Qur’an, mereka juga diharapkan dapat belajar Al Qur’an lebih lanjut.

“Klinik Tahfidz Online ini sifatnya hampir sama dengan kelas regular namun ini hanya dalam bentuk event yang berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 18-19 Mei 2020. Ini adalah lanjutan dari event menghafal 10 ayat pertama surat Al Kahfi di awal Ramadan kemarin, sehingga banyak dari peserta event kemarin yang melanjutkan untuk ke program ini,” papar Ustad Mufidz.

Program ini dilaksanakan mengingat masih banyak orang yang sudah menghafal beragam surat namun masih banyak ditemukan kesalahan dalam tajwid atau hal lain, sehingga Griya Al Qur’an memfasilitasi dengan menggelar Klinik Tahfidz Online tersebut. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat