Do‘a-do‘a Fenomenal Nabi Ibrahim Ini Diabadikan dalam Al Qur‘an

www.griyaalquran.id- Ada doa nabi Ibrahim yang saat itu seolah-olah tidak masuk akal, namun terbukti kebenarannya saat ini. Yaitu, saat Nabi Ibrahim mendoakan tempat yang gersang diberi rezeki berbagai buah-buahan dari Allah. Sekarang, di Mekkah Al Mukaramah, buah apapun ada dan melimpah. Berikut ini beberapa do’a Nabi Ibrahim yang diabadikan dalam Al Qur’an.

Nabi Ibrahim adalah nabi keenam yang wajib diketahui umat Islam. Nabi Ibrahim termasuk salah satu ulul azmi. Dalam menghadapi berbagai cobaan yang diberikan oleh Allah subhanahu wa ta‘ala, Nabi Ibrahim pun selalu berdo‘a, di mana do‘a ini diabadikan dalam Al Qur‘an, tepatnya dalam surat Al-Baqarah. 

Baca Juga: Mengenal Idarah, Tradisi Membaca Al Qur‘an Secara Bergiliran

Nabi Ibrahim ‘alaihissalam mempunyai gelar, yaitu Khalilullah atau kekasih Allah. Do‘a-do‘a Nabi Ibrahim dalam rangka memohon perlindungan Allah Subhanahu wa Ta‘ala rupanya diabadikan dalam Al Qur‘an. Sehingga kita bisa ikut meneladani dengan membaca dan mengamalkan do‘a Nabi Ibrahim tersebut. 

Berikut do‘a-do‘a yang dibaca Nabi Ibrahim itu, di antaranya:

Al Qur‘an Surat Al-Baqarah ayat 126

رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ

rabbij’al hāżā baladan āminaw warzuq ahlahụ minaṡ-ṡamarāti man āmana min-hum billāhi wal-yaumil-ākhir.

Ya Tuhanku jadikanlah negeri Mekkah ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian.

Do‘a ini bisa dibaca agar tempat seperti rumah, kampung, desa, kota, dan negara yang kita tinggal di dalamnya diberikan keberkahan Allah subhanahu wa ta‘ala seperti halnya kota Makkah. 

Baca Juga: Ibu Ini Menghafal Al Qur’an Demi Anak

Al Qur‘an Surat Al-Baqarah ayat 127

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

rabbanā taqabbal minnā, innaka antas-samī’ul-‘alīm.

Ya Tuhan kami terimalah amal dari kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Do‘a ini menegaskan bahwa segala sesuatu amal yang sudah kita kerjakan harus mendapat ridha Allah. Maka dari itu, do‘a ini sangat baik digunakan setelah kita mengerjakan amal kebajikan agar amal itu diterima Allah. 

Al Qur‘an Surat Al-Baqarah ayat 128

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Rabbanā waj’alnā muslimaini laka wa min żurriyyatinā ummatam muslimatal laka wa arinā manāsikanā wa tub ‘alainā, innaka antat-tawwābur-raḥīm

“Ya Tuhan kami jadikanlah kami orang yang Berserah diri kepada-Mu dan anak cucu kami juga umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Do‘a ini bisa dijadikan contoh untuk meminta keturunan yang saleh dan salehah, serta agar dipermudah dalam melaksanakan ibadah haji.

Baca Juga: Aplikasi E-Murojaah, Memudahkan Hafalan Al Qur’an

 Al Qur‘an Surat Al-Baqarah 129

رَبَّنَا وَابْعَثْ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Rabbanā wab’aṡ fīhim rasụlam min-hum yatlụ ‘alaihim āyātika wa yu’allimuhumul-kitāba wal-ḥikmata wa yuzakkīhim, innaka antal-‘azīzul-ḥakīm

“Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka sesorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat-Mu, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana.”

Do‘a ini sangat direkomendasikan bagi suatu masyarakat atau umat yang ingin mendapatkan seorang pemimpin yang diridhai Allah. Karena dalam ayat 129 itu ada kalimat indah yang disampaikan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Wallahu a’lam bish-shawab(nwn)

4 thoughts on “Do‘a-do‘a Fenomenal Nabi Ibrahim Ini Diabadikan dalam Al Qur‘an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat