Griya Al Qur’an Gagas Program Sedekah Jariyah Bagi Orangtua

talkshow sedekah jariyah

www.griyaalquran.id- Siapapun yang membaca Al Qur’an akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan, dengan begitu Griya Al Qur’an menggagas program baru yakni waqaf Al Qur’an sebagai investasi sedekah jariyah untuk orangtua, dimana kebaikan akan terus mengalir tiada henti.

Dalam siaran radio bersama Suara Muslim Surabaya, Griya Al Qur’an menjelaskan gagasan program baru tersebut dengan narasumber Ustadz Hasan Muhammad, MM., selaku General Manager Operasional Griya Al Qur’an dan Ustadz Aziz Sulthon, M.Pd.I., Manager Fundrising Griya Al Qur’an pada Selasa (10/11).

Meski di tengah keterbatasan melawan pandemi, umat islam tak boleh berhenti berharap dan pasrah. Justru pandemi ini menjadi pemantik untuk memunculkan ide-ide dan juga amalan baru bagi seluruh umat.

“Bagi yang mempunyai kelebihan harta maka ini menjadi kesempatan untuk investasi terbaik dan cerdas. Dimana sedekah atau waqaf ini merupakan instrument yang luar biasa, karena ketika kita waqah maka jariyah itu akan terus mengalir,” ujar Ustadz Hasan.

Sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 274, yang artinya:

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (Q.S. Al Baqarah: 274)

“Jadi asuransi baik harta, jiwa dan yang lainnya itu ada di sedekah untuk jaminan di masa depan, sehingga mereka kelak tidak akan sedih. Jadi untuk menjamin harta maka banyak-banyaklah bersedekah, di antaranya adalah waqaf Al Qur’an,” terangnya.

Sebagaimana yang tertulis dalam hadist shahih yang berbunyi: “Barangsiapa mengajak (manusia) kepada petunjuk, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barangsiapa mengajak (manusia) kepada kesesatan maka ia mendapatkan dosa seperti dosa-dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun” (HR. Muslim)

“Jadi misalkan Anda waqaf Al Qur’an satu saja senilai 150 ribu, kemudian ada orang yang belajar bahkan menghafal surat dari Al Qur’an yang Anda waqafkan. Maka selama hidupnya, dia menghidupkan dan membaca Al Qur’an tersebut. Setiap huruf tetap mengalir pahala dengan dilipatgandakan 10 kebaikan,” jelas Ustadz Hasan.

Bahkan ketika Al Qur’an rusak atau bahkan orang yang mewaqafkan meninggal sekalipun, akan tetap ada jariyah yang mengalir, jika orang yang diberikan Al Qur’an senantiasa membaca dan mengafalnya.

“Di situlah kenapa kami menggagas program tersebut. Khususnya mungkin ingin berwaqaf untuk orangtua yang sudah meninggal, maka dengan Al Qur’an ini salah satu wasilah birrul walidain kita,” imbuhnya.

Kelebihan Program Waqaf Al Qur’an

Selama ini orang waqaf Al Qur’an dengan meletakkannya di Masjid begitu saja, kadangkala terpakai dan kadang tidak. Selain itu, orang yang menerima mushaf tersebut belum tentu mereka mampu membaca Al Qur’an.

Mengingat hal tersebut, im fundrising Griya Al Qur’an pun menggagas program ini, dimana nantinya umat tak hanya sekadar waqaf namun juga diberikan pendampingan atau pelatihan.

“Sebab waqaf yang diberikan adalah Al Qur’an strandar madinah jadi tidak semua orang paham dengan bacaan tersebut. Sehingga kami pun memberikan pelatihan untuk mengenal kode-kode atau sandi yang dapat mempermudah bacaan. Pembinaan tersebut akan dilakukan selama 2 hingga 3 jam melalui offline bagi yang dekat dan online bagi yang jauh,” ungkap Ustadz Aziz.

Penyaluran akan dilakukan di seluruh Indonesia, untuk itu bagi siapapun lembaga yang memanfaatkan dan mendapatkan waqaf Al Qur’an dapat mengajukannya. Tim Griya Al Qur’an nantinya akan melakukan survei sebelum memberikan waqaf tersebut.

“Hal ini merupakan tanggungjawab dan amanah jadi harus disalurkan dengan tepat sesuai akadnya. Alhamdulillah kami mendapat informasi ada yang sudah siap menerima dari Riau. Prioritas kami memang daerah-daerah pedalaman yang belum memiliki metode belajar Al Qur’an atau tak ada kurikulum yang tepat,” paparnya.

Waqaf Al Qur’an yang terkumpul per 2 November 2020 sudah ada 272 paket dari target 1000 paket yang akan disebarkan ke seluruh Indonesia.

Jika berminat untuk melakukan sedekah jariyah tersebut dapat langsung mentransfer di Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan nomor rekening 71 333 70147 atas nama Infaq Dakwah Al Qur’an. Selanjutnya, bila sudah melakukan transfer langsung konfirmasi di nomor 081 222 555 217.

“Khusus untuk transfer waqaf Al Qur’an ini, di belakang nominal bisa diberikan angka 57, misalnya 150.0057. Hal ini dilakukan supaya penyalurannya bisa tepat tidak tercampur dengan yang lainnya,” tutupnya. (Gth)

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.

HR. Bukhari
Griya Al-Qur'an

Membuka kelas pembelajaran Al-Quran dan sertifikasi guru Al-Quran.

Griya Al-Qur'an Newsletter

Dapatkan info dan kabar terbaru seputar program dan layanan Griya Al-Qur’an, kami kirim langsung ke inbox email Anda. Silakan isi form untuk berlangganan newsletter.