Griya Al Qur’an Gelar Lomba Inovasi Pembelajaran Al Qur’an Nasional

www.griyaalquran.id- Minimnya penelitian dalam pengembangan ilmu Al Qur’an menjadi keprihatinan tersendiri bagi Lembaga Griya Al Qur’an. Untuk memotivasi para peneliti, akademisi, pendidik, dan pengajar Al Qur’an, dibuatlah “InobelQu”, Lomba Inovasi Pembelajaran Al Qur’an tingkat Nasional.

Dalam talkshow di Radio Suara Muslim Surabaya, Selasa (11/2) lalu, Ustad Dr. Bairus Salim, M.Pd.I yang merupakan pakar inovasi pembelajaran Griya Al Qur’an menjelaskan bahwa InobelQu, merupakan kepanjangan dari Inovasi Pembelajaran Al Qur’an. Kegiatan ini, merupakan serangkaian dari Program Khidmah Ramadhan.

Ia menyebutkan bahwa InobelQu dilaksanakan untuk mendapatkan konsep-konsep baru dalam pembelajaran Al Qur’an sesuai dengan tuntutan zaman agar mudah di implementasikan sekaligus menepis anggapan bahwa belajar Al Qur’an itu sulit. Seperti yang tertulis dalam satu hadis dalam riwayat bukhari. “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al Qur’an,”

 “Sehingga dari situ, Griya Al Qur’an terpanggil untuk mengadakan lomba ini,” ujar Ustad Bairus yang baru saja meraih gelar doktor di Universitas Sunan Ampel Surabaya.

Baca Juga: Inilah Program Unggulan Griya Al Qur’an Saat Ramadhan

3 Tujuan Lomba Inovasi Pembelajaran Al Qur’an

Ada tiga tujuan dalam pengadaan lomba tersebut, pertama, ada tujuan motivasi, yaitu upaya untuk memotivasi guru-guru Al Qur’an, khususnya dalam konteks ini adalah guru tahsin dan tahfidz untuk meningkatkan kompetensi pedagogi(metode pembelajaran untuk anak) ataupun andragogi (metode pembelajaran untuk dewasa) mereka di dalam melaksanakan pembelajaran Al Qur’an.

Yang kedua, ada fungsi apresiasi. “Naskah-naskah yang sudah dikirim pada panitia lomba tentu akan kami seleksi dan kami akan memanggil 10 naskah terbaik untuk kemudian kita lakukan final. Dari 10 itu kemudian akan kita ambil 3 juara,” terangnya.

Ketiga, ada fungsi diseminasi, naskah-naskah yang terkumpul baik finalis ataupun naskah-naskah yang lain, akan dibukukan dalam bentuk antologi yang nantinya akan di upload melalui website griya Al Qur’an sehingga bisa dipelajari atau dimanfaatkan oleh guru-guru Al Qur’an lain, untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran mereka.

Baca Juga: Lomba Inovasi Pembelajaran Al Quran

Syarat Pendaftaran Lomba InobelQu

Selain tujuan, sasaran pada lomba ini adalah guru-guru tahsin dan tahfidz yang melakukan inovasi pembelajaran termasuk juga guru-guru pendidikan agama islam. Ustad Bairus memaparkan bahwa syarat yang harus ditaati selain sasaran tersebut adalah laku-laku atau perempuan berusia minimal 20 tahun.

“Ada juga syarat yang mengharuskan peserta tersebut membuat surat rekomendasi dari lembaga atau sekolah dimana calon peserta tersebut mengajar,” tutur Ustad Bairus.

Selain syarat administrasi juga ada syarat karya, pertama, karya berisi tentang inovasi pembelajaran tahsin dan tahfidz, kemudian lomba ini bersifat individual, tentunya satu guru hanya boleh mengirimkan satu karya dan harus orisinil.

“Ini dibuktikan dengan surat pernyataan keaslian naskah dan nanti dari panitia juga akan melakukan uji plagiasi,” imbuhnya.

Naskah juga belum pernah diikutsertakan dalam lomba sama sekali dan juga bukan merupakan karya dalam penyelesaian tugas akhir seperti skripsi, tesis atau disertasi.

Baca Juga: ISQ, Ngaji di kantor

Waktu Pelaksanaan

Pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 3 Februari 2020 dan akan berakhir pada tanggal 31 Maret 2020. Informasi pendaftaran sudah disebar melalui media sosial ataupun media yang lain yang mudah diakses oleh siapapun. Setelah naskah terkumpul, akan ada seleksi administrasi dan naskah pada tanggal 31 Maret tersebut hingga 17 April 2020.

“Setelah itu, tanggal 20 April akan diumumkan 10 finalisnya, yang nantinya akan kami undang untuk mempresentasikan naskah yang sudah terpilih itu dihadapan para juri yang InsyaAllah profesional Kemudian finalnya akan dilaksanakan pada 9 mei 2020,” jelas pria asal Pamekasan tersebut.

Info lebih lengkapnya bisa diakses melalui website Griya Al Qur’an yaitu griyaalquran.id/inobelqu/

“Di situ akan dipandu karena ada beberapa yang perlu di download seperti pedoman lomba, pernyataan keaslian, formulir pendaftaran juga bisa diakses di sini,” tutup Ustad Agus.

Melalui perlombaan ini, karya inovasi pembelajaran yang terpilih diharapkan dapat menjadi sumbangsih keilmuan Al Qur’an, yang bisa dijadikan sebagai rujukan bagi semua guru Al Qur’an dalam peningkatan kualitas pembelajaran.

Tertarik mendaftar? silakan klik link berikut ini www.griyaalquran.id/InobelQu (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat