Ibu Ini Menghafal Al Qur’an Demi Anak

www.griyaalquran.id- Al Qur’an senantiasa membawa hikmah kepada setiap umat Muslim yang berkenan untuk membacanya. Seperti kisah seorang ibu yang menghafal Al Qur’an sebagai contoh untuk anaknya, agar dapat meniru untuk menghafal Al Qur’an juga.

Mamik Nurahayu, 46 tahun, bercita-cita untuk menjadikan sang anak seorang hafidz Al Qur’an, sehingga ia mulai menghafal Al Qur’an juga agar anaknya mengikuti jejaknya. Sebab, ia bercerita bahwa sang anak enggan membaca Al Qur’an apabila Mamik tidak membacanya.

“Anak saya tidak mau menghafal Al Qur’an kalau saya juga tidak menghafal dan menyimak hafalannya. Alasan itulah yang membuat saya mulai belajar tahsin dan tahfidz Al Qur’an,” ujarnya.

Baca Juga: Do‘a-do‘a Fenomenal Nabi Ibrahim Ini Diabadikan dalam Al Qur‘an

Motivasi Mamik menghafal Al Qur’an demi memberi contoh sekaligus keinginannya agar sang anak dapat menjadi seorang hafidz Al Qur’an, mendapat dukungan besar dari sang suami.

Sehingga, Mamik mulai tawassul mengikuti majelis Al Qur’an. “Saya sering ikut khotmil Al Qur’an hingga belajar tahsin dan terjemahannya,” imbuhnya di lansir dari muslim okezone.com.

Keikutsertaannya tersebut membuahkan hasil, saat ini, Mamik telah menghafal juz 1, 29 dan 30. Selain itu, ia juga mengaku menggunakan waktu shalat malam hingga subuh untuk mengulang hafalan Al Qur’an.

“Sekarang ketika saya fokus menghafal Al Qur’an dan merenungi artinya saya merasa beban masalah terasa hilang,” terang Mamik.

Baca Juga: Mengenal Idarah, Tradisi Membaca Al Qur‘an Secara Bergiliran

Selain beban masalah terasa hilang, Mamik juga bercerita bahwa semakin banyak ia memurajaah hafalannya, maka baginya hidup terasa cukup. Ia tak pernah merasa takut sendirian dan bingung di waktu luang karena telah berteman dengan Al Qur’an.

Mamik dan suaminya merupakan donatur setia PPPA Daarul Qur’an, selain menjadi donator, ia juga berkesempatan mengikuti ujian menghafal Al Qur’an. Pada perayaan Wisuda Tahfidz di Jawa Timur awal Februari lalu, Mamik berhasil menjadi peserta yang diwisuda bersama para penghafal Al Qur’an lainnya.

“Alhamdulillah saya senang bisa ikut ujian tahfidz dan wisuda bersama santri-santri rumah tahfidz PPPA Daarul Qur’an. Sungguh saya terharu melihat ribuan santri-santri penghafal Al Qur’an dan menambah semangat saya untuk menambah hafalan,” ungkapnya.

Dengan makin tinggi semangatnya untuk terus menghafal Al Qur’an, Mamik juga mulai meluangkan waktunya untuk mengajar TPQ di salah satu masjid di Kota Malang sebagai bentuk kecintaannya terhadap Al Qur’an.

Baca Juga: Cara Menghafal Al Qur’an untuk Anak Ala Ustad Adi Hidayat

Dari cerita Mamik, ia berharap anaknya dapat mengikuti jejaknya dan bisa menjadi seorang hafidz Al Qur’an. Bahkan Pimpinan PPPA Daarul Qur’an Malang, Ivan Mahendra berharap, kisah Mamik tersebut menjadi inspirasi seluruh umat untuk semakin mencintai Al Qur’an.

“Semoga kita bisa belajar dari kisah perjuangan Bunda Mamik menghafal Al Qur’an ditengah amanahnya sebagai istri dan ibu rumah tangga. Semoga hati tergerak bersungguh menghafal Al Qur’an. Aamiin,” tutupnya. (Gth)

4 thoughts on “Ibu Ini Menghafal Al Qur’an Demi Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat