Pelatihan untuk Pengajar Baru, dari Metode Hingga Ikhtilaf dalam Fiqh

www.griyaalquran.id- Kebutuhan pengajar Griya Al Qur’an semakin lama semakin besar. Karenanya, Griya Al Qur’an terus melakukan rekrutmen asatidz. Setelah proses rekrutmen, para calon pengajar itu wajib mengikuti training tentang Griya Al Qur’an dan metodenya.  

Jum’at-Sabtu (13-14/9) lalu, sebanyak 17 calon pengajar mengikuti pelatihan tentang Griya Al Qur’an. “6 laki-laki, selebihnya perempuan,” jelasnya. Amirul Yatim, Staf HRD Griya Al Qur’an mengatakan bahwa pelatihan ini menjadi salah satu persyaratan seseorang yang ingin bergabung dengan Griya Al Qur’an.

Baca Juga: Allah Berfirman tentang Amal-amal yang Melelahkan

Dalam pelatihan ini, pria yang kerap dipanggil Ustadz Irul ini mengatakan bahwa peserta akan mendapatkan penjelasan tentang bagaimana lembaga Griya Al Qur’an, program-program Griya Al Qur’an dan metode Griya Al Qur’an. “Selain materi-materi tentang ke-Griya Al Qur’anan, peserta akan diberi materi tentang pemahaman Fiqh,” katanya.

Pemahaman fiqh, ia kemudian menjelaskan akan membantu para pengajar saat nantinya akan banyak berdiskusi dengan para santri. “Faktanya, di lapangan, para ustadz kami ini tidak hanya mengajar Al Qur’an, namun juga berdiskusi tentang hukum. Santri banyak berkosultasi tentang masalah pribadi, juga masalah ibadah,” jelas Amir.

Baca Juga: Bersedihlah Jika Tak Sempat Baca Al Qur’an

Dalam pelatihan itu, peserta akan mendapatkan tentang bagaimana pemahaman fiqh ahlussunnah wal jama’ah, juga tentang berbagai ikhtilaf permasalahan fiqh dari berbagai madzab. “Ini penting, karena mereka akan menghadapi santri yang heterogen,” katanya beralasan.

Setelah training, para calon pengajar itu juga harus melalui berbagai tahap selanjutnya seperti tahapan observasi, praktik mengajar, magang, dan lain-lainnya. “Setelah semua tahapan itu dilalui, guru-guru sudah siap untuk mengajar. Mereka akan disebar di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Blitar,” tutupnya. (wir)

Baca Juga: Tips Agar Rumah Kita Serasa Surga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat