Ingin Ingatan Makin Kuat? Ini Tips dari Ali bin Abi Thalib

25 sept 20 GQ- Ingin Kuat Ingatan

www.griyaalquran.id- Mungkin di antara kita ada yang merasa lemah dalam ingatannya. Meski begitu, jangan khawatir, Sayyidina punya resep yang mudah diamalkan agar semakin menguatkan ingatan dan mudah menghafal.

Untuk menguatkan ingatan, khalifah keempat Islam ini mengatakan bahwa setidaknya ada tiga hal yang bisa diamalkan umat Islam agar kuat secara ingatan.

Kitab “Nashaihul ‘Ibad”, Syekh Nawawi al-Bantani mengungkapkan perkataan Sayyidina Ali tersebut, yang artinya:

“Tiga hal yang memperkuat hafalan dan membersihkan lendir dahak, yaitu bersiwak, berpuasa, dan membaca Al Qur’an.”

Bersiwak adalah sunnah Nabi yang memiliki banyak keutamaan, salah satunya mensucikan mulut dan diridhai Allah. Rasulullah pernah bersabda yang artinya,

“Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak setiap hendak menunaikan sholat.” (HR. Bukhari)

Selain bersiwak, Ali bin Abi Thalib juga menyarankan untuk memperbanyak puasa sebagai upaya menguatkan ingatan. Dalam surat Al Baqarah ayat 184, Allah ta’ala berfirman yang artinya,

“…Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Amalan terakhir  adalah membaca Al Qur’an. Semakin banyak seseorang membaca Al Qur’an dengan tartil, akan semakin menajamkan ingatan seseorang.  Dalam sebuah hadist disebutkan yang artinya,

Dari Ibnu Mas’ud RA berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu hasanah (kebaikan) dan satu hasanah itu sama dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Untuk terus memperbaiki kualitas bacaan Al Qur’an, Anda dapat bergabung bersama Griya Al-Qur‘an dengan mendaftar kelas di periode baru bulan Oktober hingga tiga bulan ke depan. Caranya dapat dilakukan dengan menghubungi nomor 0822-6420-2202 atau bisa melalui website www.griyaalquran.id. {}

 

 

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.

HR. Bukhari
Griya Al-Qur'an

Membuka kelas pembelajaran Al-Quran dan sertifikasi guru Al-Quran.

Griya Al-Qur'an Newsletter

Dapatkan info dan kabar terbaru seputar program dan layanan Griya Al-Qur’an, kami kirim langsung ke inbox email Anda. Silakan isi form untuk berlangganan newsletter.