Ini Tingkatan Pahala dalam Membaca Al Qur’an

www.griyaalquran.id- Istilah ‘posisi menentukan prestasi’ ternyata juga ada dalam membaca Al Qur’an.  Ternyata, ganjaran membaca Al Qur’an pun bertingkat, mulai sepuluh hingga seratus kebaikan beserta pahalanya. Anda bebas memilih yang mana.    

Berbagai syafaat dalam membaca Al Qur’an sudah banyak kita ketahui. Syafaat yang juga tak kalah menarik adalah di tiap untaian huruf yang dibaca memiliki nilai pahala. Nilai tiap hurufnya pun berbeda, semakin sempurna bacaan semakin besar nilai pahalanya.

Demikian diungkapkan oleh Mohammad Juriyanto, peneliti dari El Bukhari Institute. Menukil dari hadits riwayat Imam Tirmidzi dari Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Qur’an, maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Satu kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh. Semisalnya, aku tidak mengatakan alif lam miim satu huruf tapi Alif satu huruf, Laam satu huruf, dan Miim satu huruf.”

Baca Juga: Bermula dari Alquran, Air Hujan Disulap Jadi Pupuk dan Pestisida Alami

Dalam hadits singkat tersebut jelas bahwa tiap huruf dalam Alquran mengandung nilai pahala yang berbeda. Riwayat tersebut memang hanya menjelaskan pahala minimal yang diperoleh seseorang ketika membaca setiap huruf di Al Qur’an.

Mengenai tingkatan pahala yang didapat dari nilai maksimal ke minimal, berikut tingkatannya menurut Juriyanto.

Seratus Kebaikan dan Pahala

Untuk mencapai tingkat pahala ini, seseorang perlu membaca satu huruf Al Qur’an dengan berdiri. Namun, bukan hanya sekadar berdiri. Berdiri yang dimaksud adalah berdiri ketika salat. Maka, siapapun yang melakukan hal demikian akan diberi ganjari sebesar seratus kebaikan dan pahala.

Lima Puluh Kebaikan dan Pahala

Pada tingkatan pahala ini dilakukan dengan membaca satu huruf Al Qur’an saat duduk ketika melaksanakan salat.

Baca Juga: Belajar Al Qur’an Hendaknya Ditransfer dari Mulut ke Mulut

Dua Puluh Lima Kebaikan dan Pahala

Pada tingkat pahala yang ini, seseorang hanya perlu membaca satu huruf di Al Qur’an di luar salat. Namun, orang tersebut harus suci dari najis serta hadas.

Sepuluh Kebaikan dan Pahala

Pada tingkatan pahala yang terakhir juga bisa dilakukan di luar salat. Membaca satu huruf Al Qur’an saja meski tidak dalam keadaan suci. Maka seseorang akan diganjar dengan sepuluh kebaikan dan pahala.

Tingkatan-tingkatan tersebut didapati dari riwayat yang disebut dalam kitab Biharul Anwar. Dalam riwayat tersebut, Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bagi pembaca Al Qur’an, dalam setiap huruf yang ia baca dalam salat dengan keadaan berdiri maka seratus kebaikan untuknya, dalam keadaan duduk lima puluh kebaikan, dalam keadaan suci di luar salat dua puluh lima kebaikan, dan dalam keadaan tidak suci di luar salat sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan untuk Alif Lam Mim satu huruf, akan tetapi baginya Alif sepuluh kebaikan, Lam sepuluh kebaikan, dan Miim sepuluh kebaikan.” (HR. Baihaqi)

Baca Juga: Alunan Nada, Salah Satu Mukjizat Al Qur’an

Tingkatan pahala tersebut sudah seharusnya menjadi pemacu bagi kita untuk terus rajin membaca Al Qur’an. Karena, Allah subhanahu wa ta’ala bukanlah Dzat yang perhitungan. Di tiap untaian huruf terdapat kebaikan dan pahala yang begitu besar dan tidak disangka-disangka.(ipw)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.

HR. Bukhari
Griya Al-Qur'an

Membuka kelas pembelajaran Al-Quran dan sertifikasi guru Al-Quran.

Griya Al-Qur'an Newsletter

Dapatkan info dan kabar terbaru seputar program dan layanan Griya Al-Qur’an, kami kirim langsung ke inbox email Anda. Silakan isi form untuk berlangganan newsletter.