“Inobelqu”, Berhadiah Puluhan Juta Rupiah untuk Pengajar Al Qur’an

www.griyaalquran.id- Ada kabar gembira bagi para pengajar Al Qur’an di seantero negeri ini. Griya Al Qur’an menggelar Lomba Inovasi Pembelajaran Al Qur’an (InobelQu) yang yang berhadian puluhan juta rupiah.

Ustadz Imam Masruri, M.Ag, Ketua Program InobelQu yang didampingi Ustadz Nur Hasan, MM, Direktur Operasional Griya Al Qur’an, menyampaikan dalam talkshow radio bersama Suara Muslim Surabaya pada Senin (24/2) bahwa lomba ini diadakan untuk mendapatkan konsep-konsep baru dalam pembelajaran Al Qur’an sesuai dengan tuntutan zaman yang kian berkembang.

“Sehingga belajar Al Qur’an ini akan lebih mudah dilakukan dan tidak ada lagi yang menganggap bahwa belajar Al Qur’an ini sulit,” ujarnya.

Baca Juga: Membaca dengan Tartil, Akan Lebih Meresapi Makna Al Qur’an

Dalam talk show itu, Ustadz Masruri menyebutkan kegiatan Inobelqu berhadiah puluhan juta rupiah untuk para pemenang. “Totalnya 30 juta Rupiah untuk pemenang. Pemenang pertama, mendapat Rp. 12,5 juta, pemenang kedua mendapatkan Rp. 10 juta, dan pemenang ketiga sebanyak Rp. 7,5 juta. Dan ada uang pembinaan, transportasi dan akomodasi untuk para finalis. Semoga ini menyemangati para pengajar untuk terus mengembangkan pembelajaran Al Qur’an,” ujarnya. 

Acara InobelQu, menurut Ustadz Masruri, merupakan acara yang pertama kali digelar dalam tingkat nasional dengan tujuan mengapresiasi guru-guru pengajar Al Qur’an, baik itu formal maupun non formal, dimana nantinya hasil dari lomba tersebut akan dikumpulkan dan berharap bermanfaat bagi seluruh umat Islam, bukan hanya untuk Griya Al Qur’an.

“Acara InobelQu ini memang kita khususkan pada guru-guru Al Qur’an, baik yang secara formal maupun non formal. Karena menurut saya, mereka ini memiliki banyak inovasi tapi hanya bisa dinikmati oleh guru itu sendiri. Nah dengan adanya lomba ini diharapkan mampu bermanfaat bagi semuanya,” jelas General Manager R&D Griya Al Qur’an ini.

Pria yang kerap disapa Ustadz Masruri ini juga berharap agar inovasi para guru tersebut yang telah dituangkan ke dalam sebuah tulisan dapat saling bermanfaat untuk satu sama lain. “Jika ini memiliki manfaat yang bagus untuk pembelajaran Al Qur’an dan bisa menyebar di seluruh Indonesia maka, misi dakwah Al Qur’an tentu akan semakin baik,” imbuhnya.

Baca Juga: Ibu Ini Menghafal Al Qur’an Demi Anak

Terlebih saat ini, lanjutnya, ada sekitar 65 persen masyarakat yang belum bisa membaca Al Qur’an atau masih buta dengan huruf hijaiyah, tentu ini akan menjadi pr bersama sehingga dengan adanya InobelQu ini akan menciptakan buku tentang metodologi yang tertulis dan bisa di contoh oleh semua umat.

Sementara itu, pendaftaran lomba InobelQu sudah dibuka sejak tanggal 3 Februari dan akan berakhir pada 31 Maret 2020.Informasi pendaftaran sudah disebar melalui media sosial ataupun media yang lain yang mudah diakses oleh siapapun. Setelah naskah terkumpul, akan ada seleksi administrasi dan naskah pada tanggal 31 Maret tersebut hingga 17 April 2020.

“Dari hasil seleksi kita akan pilih 10 terbaik dan akan diumumkan pada 20 April, setelah itu ada finalnya tgl 9 Mei, yang nantinya akan kami undang untuk mempresentasikan naskah yang sudah terpilih itu dihadapan para juri,” terangnya.

Baca Juga: Do‘a-do‘a Fenomenal Nabi Ibrahim Ini Diabadikan dalam Al Qur‘an

Terkait dengan persyaratan lomba dan selebihnya maka peserta bisa mengaksesnya melalui website Griya Al Qur’an yaitu griyaalquran.id/inobelqu/. Di situ akan dipandu tentang apa saja yang perlu di download seperti pedoman lomba, pernyataan keaslian, dan formulir pendaftaran. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat