Jadi Imam Merdu di Penjara, Bripda Jafar Dipanggil Kapolri

www.griyaalquran.id- Belum lama, viral sebuah video memperlihatkan seorang pria berseragam polisi, Bripda Jafar, jadi imam salat berjemaah dengan makmum sejumlah tahanan di dalam penjara, terpisah dengan jeruji besi. Tak disangka, akibat video yang tersebar itu, anggota polisi yang menjadi imam, dipanggil Kapolri.

Diketahui, polisi yang menjadi imam salat dalam video berdurasi 02.03 menit itu merupakan anggota Polres Sukabumi Kota, Bripda Asep Jafar Sidiq. 

Lantunan suara merdu ayat 152-154 surat Al Baqarah oleh Bripda Jafar ketika memimpin salat maghrib dari video yang pertama diposting oleh akun media sosial Instagram dan Facebook milik Polda Jabar dan telah dilihat sebanyak ribuan kali ini pun membius netizen.

“Yang bersangkutan Bripda Asep Jafar Sidiq, saat itu yang bersangkutan kebagian tugas jaga tahanan dan memimpin salat maghrib,” kata PS Paur Subbag Humas Bripka Solehudin saat dikonfirmasi Detik, Sabtu (7/3).

Baca Juga: Membaca Surat Al-Ikhlas Seperti Membaca Sepertiga Al Qur‘an, Mengapa?

Menurut Soleh, video itu diduga sengaja direkam oleh temannya karena mengetahui suaranya yang merdu saat membawakan ayat Al Qur‘an. 

“Informasi yang saya peroleh direkam oleh temannya, Selasa, tanggal 3 Maret kemarin. Sedang melaksanakan piket jaga tahanan, karena tidak mau ketinggalan salat maka dia ajak para tahanan untuk salat berjamaah dengannya,” imbuh Soleh.

Dipanggil Kapolri

Video polisi muda ketika tengah mengimami tahanan dalam sel yang ramai menuai pujian ini pun sampai ke telinga Kapolri Jendral Idham Azis, hingga secara khusus mengundang Bripda Jafar untuk bertemu.

Bersama Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo, Bripda Asep pun berangkat ke Polda Metro Jaya dan langsung dipertemukan dengan orang nomor satu di kepolisian tersebut.

“Malam tadi bertemu dengan beliau, saya awalnya dipanggil bapak Kapolres dan Pak Kasat katanya harus ke Polda Metro Jaya bertemu dengan bapak Kapolri. Alhamdulillah bertemu dengan beliau, tentu saya merasa sangat bangga dan tidak hentinya mengucapkan hamdalah,” tutur Asep, Sabtu (7/3).

Baca Juga: Muslim Family Camp, Program Mendekatkan Keluarga dengan Al Qur’an

Dalam pertemuan tersebut, Asep mengaku ditawari mau mutasi ke mana oleh Jendral Idham, beberapa satuan siap menampungnya. 

“Pak Kapolri bilang mau mutasi ke mana, mau ke intel, lantas, serse, saya pilih Binmas. Karena keinginan saya mengembangkan kemampuan dalam mengaji,” kata Bripda Asep menjawab pertanyaan Kapolri Idham Azis.

Tuai Pujian dari Hafiz Internasional

Aksi polisi itu juga mendapat pujian dari hafiz internasional ternama, Fatih Seferagic. Fatih mengunggah video berdurasi 2 menit yang memperlihatkan polisi tersebut menjadi imam salat. Polisi dan para tahanan dipisahkan jeruji besi.

“Masha’Allah,” tulis Fatih, seperti dilihat pada Minggu (7/3).

Hafiz yang tinggal di Amerika Serikat ini mengingatkan agar jangan meninggalkan salat. Tak peduli di mana lokasi maupun kondisinya, salat jangan diabaikan.

“Whatever you do, do not neglect prayer. No matter what situation you’re in, where you are, what you do 👆🏻❤,”ungkapnya.

Baca Juga: Begini Keutamaan Bulan Rajab Menurut Kitab Tabyinul ‘Ajab Karya Ibnu Hajar

Miliki Latar Belakang Pesantren

Terkait kemampuan hafalan Al Qur‘an dan bacaan salatnya yang banyak menuai kekaguman dari berbagai pihak, polisi muda yang kini berdinas di Sat Sabhara ini mengaku memang memiliki latar belakang Pesantren.

Sebelum dirinya memutuskan menjadi polisi, ia pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Salafi Al-Hikmah Jampang.

“Saya nyantri di Pondok Pesantren Salafi Al-Hikmah Jampang, kalau di kepolisian saya baru setahun,” ujarnya.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo menilai Asep adalah sosok yang aktif dalam kegiatan keagamaan di lingkup kepolisian.

“Dia aktif dalam kegiatan keagamaan yang digelar Polres Sukabumi Kota, tidak sedikit juga yang bersangkutan dipercaya untuk memimpin salat Jum’at di beberapa masjid dalam kegiatan Jum’at keliling,” ujar Wisnu. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat