Harmoni Cinta Ayah Penyejuk Jiwa

www.griyaalquran.id Bersyukur akan menjamin hidup kita tak akan tersungkur pada hidup yang kufur. Menjadi ayah yang istimewa selalu dibutuhkan Ananda. Membangun harmoni cinta ayah yang menyejukkan jiwa.

Bersyukur adalah hal pertama dan utama yang dilakukan seorang ayah. Bersyukur menjadi sebuah kebutuhan mutlak seorang ayah agar mampu menjalani peran sebagai pendamping terindah tumbuh kembang anak.

Bersyukur atas lahir dan hadirnya Ananda, berarti melibatkan kasih sayang Allah di awal perjalanan keayahan. Sedemikian itu semoga Allah akan menguatkan peran keayahan kita, melipatgandakan kapasitas kelelakian kita menjadi suami dan ayah sekaligus.

Baca Juga: Ini Perbedaan Surat Makkiyah dan Madaniyah

Sungguh, tak ada satu pun ayah, yang begitu bangun tidur berniat dengan sungguh-sungguh untuk menghancurkan masa depan anak-anaknya. Namun tahukah kita, bahwa tidak peduli kualitas ilmu keayahan, kurang peduli pula pada aktivitas anak-anak  adalah langkah awal seorang ayah menghancurkan anak? Jika tidak segera diwaspadai, jangan kaget jika tiba-tiba tercengang ketika melihat perilaku sang anak sudah melenceng jauh dari tuntunan agama.

Menjadi ayah, adalah amanah Allah. Pun demikian dengan seorang anak, ia adalah amanah.Tugas ayah sebenarnya sederhana, yakni mengembalikan anak pada fitrahnya, yakni menghamba kepada Allah, tanpa mempersekutukan-Nya.

Efek kedurhakaan ayah kepada anaknya sesungguhnya sama dengan “senjata makan tuan“. Jika abai dengan pendidikan anak-anak, bukan tak mungkin kelak orang tua akan mencelakai dan mencelakakan orang tuanya.

Baca Juga: Malas Murojaah, Kenali Sebab dan Solusinya!

Sungguh teramat tidak adil, tidak bijak, tidak arif, jika kita berharap anak kita menjadi anak yang shalih, sementara ayahnya tidak memberikan tuntunan tindak keshalihan. Akhir-akhir ini peran keayahan direduksi besar-besaran menjadi sekadar mesih ATM, sebagai penyedia nafkah semata.

Boleh jadi tubuh anak-anak kita tumbuh subur, tetapi jiwanya kering, tandus, kurang terurus. Untuk itu, mari kita sebagai seorang ayah berhenti menuntut anak-anak kita menjadi sempurna. Sebelum kita menyempurnakan dulu hubungan dengan anak-anak kita.

Al Qur’an justru menginspirasi kita para ayah bahwa semestinya ayah lebih sering berdialoq dengan anak-anak kita, bukan diam saja, terpaku dan termangu, abai dan acuh.

Setidaknya, dalam Al Qur’an disebutkan terdapat 17 dialog antara orang tua dengan anak yang tersebar dalam 9 surat, ke-17. Dialog tersebut dengan rincian sebagai berikut. Pertama, dialog antara ayah dengan anaknya disebutkan sebanyak 14 kali. Kedua, dialoq antara ibu dengan anaknya disebutkan sebanyak 2 kali. Ketiga, dialoq antara kedua orang tua tanpa nama dengan anaknya disebutkan sebanyak 1 kali. Hal ini menunjukkan bahwa ternyata Al Qur’an ingin memberikan pelajaran bahwa untuk melahirkan generasi istimewa seperti yang diinginkan oleh Allah dan Rasul-Nya harus dengan komposisi seperti di atas.

Baca Juga: Beasiswa Kuliah Kedokteran Gratis Berkat Menghafal Al Quran

Setiap anak berhak atas masa depan terbaik untuk hidup di dunia, terlebih di akhirat. Itu sebabnya mereka berhak atas pendidikan yang terbaik pula dari guru-guru mereka, terlebih dari para orang tuanya.

Betapa meruginya jika anak-anak kita terjerembab pada pendidikan yang menipu. Pendidikan yang hanya berorientasi untuk kepentingan dunia semata tidak ada orientasi untuk akhirat. Ini tentu akan menjadikan orang tua repot tak berkesudahan di pengadilan akhirat.

Untuk itu mari kita sebagai ayah terus bersemangat menjalani peran sebagai ayah yang murobbi, yang memberikan pendidikan terbaik bagi generasi kita mengundang keberkahan Allah. Sebab, memang pendidikan terbaik itulah pemberian terbaik ayah yang akan menjadikan hidup ananda menjadi baik dengan ridlo Allah subhanahu wa ta’ala, insya Allah.{}

Oleh: Aziz Sulthon, Manajer Sahabat Tahfidz Griya Al Qur’an

One thought on “Harmoni Cinta Ayah Penyejuk Jiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat