Kisah Pasukan PBB Asal Aceh yang Ajak Ngaji Anak-anak Sudan

22 Desember GQ Pasukan Pbb Indonesia

www.griyaalquran.id- Siapa yang menyangka, seorang pasukan PBB dengan seragam polisi lengkap dengan senjata laras panjangnya, ternyata terampil membaca ayat-ayat suci Al Qur’an. Suaranya tak hanya  merdu, namun fasih dalam melantunkan bacaan Al Qur’an. Nabhani Akbar terekam video sedang mengajak mengaji anak-anak di Sudan.

Aksi Nabhani itu, baru-baru ini viral. Ia ternyata seorang pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) asal Aceh, Indonesia. Dalam video itu, Nabhani mengajak anak-anak Sudan melantunkan Surat An-Nas, diawali dengan ucapan ta’awudz dan basmalah.

Ia membaca Surat An-Nas sampai selesai. Setiap ayat yang dibacakan, lalu diikuti oleh puluhan anak-anak Sudan. Situasinya bak di sebuah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Tapi kali ini, “TPA” tersebut digelar di samping mobil pasukan PBB yang sedang parkir. Anak-anak mengikuti pembelajaran Al-Qur’an itu dalam suasana santai. Semua berdiri membentuk semacam halaqah (lingkaran).

Pasukan asal Aceh yang dilengkapi senjata tersebut tampak ramah berbaur dengan para “santrinya”. Ia kemudian merangkul salah seorang anak yang berdiri di dekatnya.

Menurut kabar yang beredar di media sosial, dilansir Hidayatullah, pasukan pria tersebut merupakan anggota kepolisian RI yang sedang bertugas di benua Afrika.

Personel Polri berpangkat Brigadir Satu yang berdinas di Polda Aceh. Dalam Instagram, video tersebut sudah diunggah terlebih dahulu pada 20 November 2020. Pemilik akun tersebut mengaku saat itu ia sedang belajar tahsin Al-Qur’an.

Diketahui, sebelum bertugas menjadi anggota pasukan perdamaian PBB di Sudan, Nabhani Akbar mengajarkan Al-Qur’an kepada santri Pondok Pesantren Markaz Al Islah Al Aziziyah, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, Aceh. Dia memang guru ngaji di pondok tersebut.

Tak heran jika Nabhani terkenal sebagai personel polisi yang jago mengaji. Nabhani juga terkenal sebagai qari. Kegiatan mengajar Al-Qur’an di pondok pesantren itu dilakukan Briptu Nabhani Akbar pada sore hari usai bertugas sebagai polisi.

Sejak menjadi anggota polisi pada 2014, Nabhani Akbar sudah jadi guru ngaji bagi warga di sekitar tempat tinggalnya di kawasan Polsek Luengbata, Kota Banda Aceh.  Ia bahkan pernah menjadi juara Musabaqah Tilawatil Quran Polda Aceh.

Tak hanya itu,ia juga mahir berbahasa Arab. Karenanya, Nabhani ditugaskan ke Sudan dalam misi perdamaian PBB sebagai penerjemah Bahasa Arab.

Siapapun bisa mahir membaca dan menghafalkan Al Qur’an, tak memandang gender, usia maupun profesi. Asalkan punya kemauan dan lingkungan yang mendukung. Jika Anda berencana memperdalam kemampuan membaca dan menghafal Al Qur’an, Anda bisa menghubungi Griya Al Qur’an di nomor  0822 6420 2022. Griya Al Qur’an adalah lembaga pembelajaran Al Qur’an khusus dewasa. Anda akan didampingi dengan pengajar yang hafidz Al Qur’an dan berpengalaman.(nin)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.

HR. Bukhari
Griya Al-Qur'an

Membuka kelas pembelajaran Al-Quran dan sertifikasi guru Al-Quran.

Griya Al-Qur'an Newsletter

Dapatkan info dan kabar terbaru seputar program dan layanan Griya Al-Qur’an, kami kirim langsung ke inbox email Anda. Silakan isi form untuk berlangganan newsletter.

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta