Ingin Bersuara Merdu Saat Membaca Al Qur’an? Simak Penjelasan Ini

www.griyaalquran.id Salah satu keutamaan membaca Al Quran di antaranya adalah merasa tenang dan tentram saat membaca maupun mendengarnya. Apalagi jika kita membacanya dengan bersuara merdu.

Tidak semua orang dikaruniai Allah ta’ala suara yang bagus, ada juga yang pas-pasan. Tapi tenang saja suara yang pas-pasan bisa terdengar bagus jika kita melatih dengan tekhnik yang baik dan benar.

Apa saja yang harus kita lakukan untuk membuat suara menjadi merdu, ikuti penjelasannya berikut ini.

1. MELATIH MAKHORIJUL HURUF

Awali dengan berlatih cara pengucapan huruf hijaiyah atau makhorijul huruf satu-persatu dengan benar sesuai makhroj attau tempatnya. Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian kata-kata yang sulit dari kecepatan rendah beralih ke kecepatan yang lebih cepat.

Semua ini bertujuan untuk melancarkan pengucapan ayat-ayat pendek, panjang, mudah maupun ayat-ayat sulit dalam Al Quran.

Baca Juga: Membaca Ta’awudz Sebelum Membaca Al Qur’an, Wajibkah?

2. MELATIH KEKUATAN SUARA 

Melatih kekuatan suara bisa diawali dengan mengatur pernafasan maksudnya jika pernafasan kita bagus, maka melatih kekuatan suara akan lebih mudah bukan berarti harus berteriak-teriak secara keras, tapi kejelasan suara dalam pengucapan huruf-huruf hijaiyah terdengar dengan jelas dan jernih.

3. LATIHAN PERNAFASAN

Pernafasan yang baik sangat diperlukan dalam membaca Al Quran. Salah satu tekhnik yang efektif untuk melatih pernafasan yaitu dengan pernafasan perut.

Pernafasan perut dapat ditandai dengan gerak perut, dimana ketika sedang menarik nafas perut akan mengembung dan saat menghembuskan nafas perut mengecil.

Sedangkan yang dinamakan pernafasan dada adalah ketika sedang menarik nafas dadanya akan bergerak. Berikut diantaranya cara melatih pernafasan menggunakan perut :

  • Posisikan tubuh dengan santai (rileks) bisa dengan bersila, duduk ataupun berdiri. Tegakkan punggung badan, tarik nafas dalam-dalam (dengan perut) selama 7 detik, perut usahakan full mengembung, dan tahan selama 7 detik juga.
  • Saat posisi perut full mengembung, tahan perut hingga terasa keras. Hal ini bisa di cek dengan menekan-nekan perut .
  • Lalu keluarkan nafas secara perlahan-lahan selama 7 detik sambil membunyikan huruf “AAAAAAAA”. 
  • Ulangi lagi langkah 1 sampai 3 “Ambil Nafas, Tahan dan Keluarkan” dengan menambah durasi waktu secara bertahap. 
  • Terakhir adalah berdoa.

4. LATIAN TEKNIK VIBRASI

Vibras atau membunyikan suara, reaksi vibra dapat terjadi akibat adanya konstraksi pada pita suara. Contohnya Anda dapat memegang jakun atau tenggorokan bagian tengah Anda sambil membaca ayat-ayat Al Quran. Itulah proses awal vibrasi atau getaran. 

Baca Juga: Prihatin Bacaan Imam Masjid, Hipmi Kunjungi Griya Al Qur’an

Ada beberapa cara untuk melatih vibrasi diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Rilekskan tubuh Anda
  2. Baca Al Quran dengan irama, tinggi rendahnya
  3. Rasakan udara yang mengalir dalam pita suara
  4. Fokus dan cobalah untuk mendapatkan vibrasi alunan nada tersebut pada bacaan secara natural
  5. Usahakan tidak membuat-buat dengan menggerakkan bagian tenggorokan hingga bergerak secara berlebihan. 
  6. Jika sudah mendapat irama vibrasinya, maka barulah kita boleh menggerakkan bagian tenggorokkan bagian dalam secara tidak berlebihan. 
  7. Ingat vibrasi yang baik adalah vibrasi yang terbentuk secara natural dengan getaran yang stabil dan tidak berlebihan, Jadi harus dilatih secara bertahap dan pelan-pelan.

5. LATIHAN SURA NADA TINGGI

Setiap manusia memiliki tingkat nada suara yang berbeda-beda, range vokal standart pembaca Al Quran adalah 3 oktaf, meski ada juga yang memliki range vokal di atas 3 oktaf. Berikut adalah beberapa cara melatih suara di nada tinggi :

  1. Lakukan pemanasan dengan membunyikan suara “AAA” , “iiii” , “UUU”, “BA” dalam oktaf rendah maupun oktaf yang tinggi sesuai kekuatan range vokal Anda.
  2. Lakukan setiap pagi hari. Karena pagi hari adalah kondisi dimana tubuh baik secara fisik maupun mental memiliki , memiliki kesiapan penuh untuk melakukan serangkaian aktifitas di pagi hari. 
  3. Gunakan satu irama yang dapat mencapai oktaf tertinggi Anda. Praktikan dan ulangi lagi dengan irama lainnya hingga 3 sampai 4 kali ulangan.
  4. Selanjutnya Gunakan satu irama nada yang mampu mencapai oktaf terendah Anda. Praktikan dan ulangi lagi dengan irama lainnya hingga 3 sampai 4 kali ulangan.
  5. Berdoa dan memintalah kepada Alllah Swt karena hanya Dialah yang mengetahui kebaikan buat kita.

6. Melihat dan mendengarkan Audio atau Video 

Carilah idola kalian, yang membuat kalian semangat untuk belajar. Biasanya kalau seseorang sudah memiliki sesuatu yang diidolakan ia akan menirukan apa yang tokoh idolanya lakukan.

Hal ini diibartkan seperti membaca Al Quran. Carilah satu uztad dan favorit kalian lalu dengar dan tirukan tartil bacaannya, gimana makharijul hurufnya.

Baca Juga: 8 Amal Batiniah dalam Membaca Al Quran

7. Belajar Irama Seni Baca Alquran

Pelajari juga irama seni Baca Al Quran dan pilih sesuai kemampuan atau yang menurut Anda merdu di dengar. Diantara Irama Membaca Al Quran adalah:

  1. Bayati
  2. Shoba
  3. Hijaz
  4. Nahwand
  5. Rast
  6. Jiharkah
  7. Sika

8. BERDO’A 

Doa adalah senjata orang muslim. Berharap apa yang kit ainginkan akan terkabulkan oleh Allah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Selamat mencoba. (rin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
WhatsApp chat