Menjadi Manusia Terhormat dengan Membaca Al Qur’an

WhatsApp Image 2020-10-07 at 08.18.20

www.griyaalquran.id – Menjadi terhormat, tentu diidamkan setiap manusia. Posisi terhormat dan terhina yang diberikan Allah ta’ala kepada manusia, ternyata berkaitan erat dengan tinggi rendahnya intensitas komunikasi manusia itu kepada penciptanya. Salah satunya dengan membaca Al Qur’an.

Membaca atau mengaji Al-Qur’an dikatakan menjadi media berkomunikasi pada Allah sebab kandungannya. “Ketika kita ingin mengetahu isi, kandungan, pesan-pesan Al-Qur’an, maka diperlukan ilmu pengetahuan yang disebut ilmu Al-Qur’an,” jelas Guru Besar Ilmu Tafsir Hadis UIN Syarif Hidayatullah, Said Agil Husin Al Munawar, dikutip dalam republika.

Al-Qur’an menjadi satu bagian tak terpisahkan bagi seorang muslim. Bagi para penimba ilmu, Al-Quran tidak bisa ditinggalkan dalam proses belajar keilmuan lain ataupun ilmu-ilmu Islam.

Diterangkan oleh Said, cara seorang muslim agar dekat dengan Al-Qur’an adalah membacanya. Membaca Al-Qur’an menjadi cara utama yang bisa dilakukan untuk berkomunikasi pada Allah. Membaca Al-Qur’an sebisa mungkin dibarengi dengan ilmu-ilmu membacanya.

“Nabi berpesan, siapa yang ingin berkomunikasi dengan Allah maka bacalah Al-Qur’an. Orang yang bisa dengan baik membaca Al-Qur’an mendapatkan posisi terhormat. Siapa yang membacanya dengan baik, sesuai ilmu dan kaidahnya, maka dijamin bersama para malaikat,” tuturnya.

Kemudian, seseorang yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata sekalipun, baginya diganjar dua pahala. Satu diberikan untuk usahanya, satu lagi untuk bacaannya. Semakin sering membaca, akan semakin sering seseorang dapat memahami isinya.
Dengan begitu, ia akan lebih mudah berkomunikasi dengan Allah subhanahu wa ta’ala.

“Menghafal Al-Qur’an itu dimudahkan Allah, membacanya pun dimudahkan. Karena, Al-Qur’an itu mukjizat yang abadi. Isi dan kandungannya aktual sepanjang masa. Kalau ada yang bilang isinya jadul, maka orang itu yang jadul,” tegasnya.

Untuk terus dekat dengan Al Qur’an mendapat posisi terhormat, baik di hadapan Allah maupun manusia, Anda dapat bergabung bersama Griya Al-Qur‘an dengan mendaftar kelas di periode baru bulan Oktober hingga tiga bulan ke depan. Caranya dapat dilakukan dengan menghubungi nomor 0822-6420-2202 atau bisa melalui website www.griyaalquran.id. (ipw)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.

HR. Bukhari
Griya Al-Qur'an

Membuka kelas pembelajaran Al-Quran dan sertifikasi guru Al-Quran.

Griya Al-Qur'an Newsletter

Dapatkan info dan kabar terbaru seputar program dan layanan Griya Al-Qur’an, kami kirim langsung ke inbox email Anda. Silakan isi form untuk berlangganan newsletter.

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta