Penggabungan Konsep Online-Offline di Pelatihan Metode Sahabat Tahfidz

www.griyaalquran.id- Masa pandemi, tak membuat belajar jadi berhenti. Yayasan Islam Permata menggelar pelatihan menghafal metode Sahabat Tahfidz Griya Al Qur’an. Pelatihan ini menggabungkan konsep online dan offline.  

Training online dipandu oleh Ustadz Falah Burhani selaku Manager Training Griya Al Qur’an dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Jumlah peserta yang mengikuti training tersebut ada 30 yang berasal dari TKIT dan SDIT Yayasan Islam Permata yang beralamat di Jl. Cacat veteran Nomor 41, Pakal Surabaya.

Ustadz Falah juga mengungkapkan bahwa training online ini diadakan sesuai dengan permintaan kerjasama dari Yayasan Islam Permata dalam menggunakan metode Sahabat Tahfidz sebagai metode pembelajarannya.

“Jadi training ini diadakan karena permintaan dari lembaga Yayasan Islam Permata untuk bekerjasama dengan Griya Al Qur’an menggunakan metode tahfidnya yang nantinya akan digunakan di lembaga tersebut untuk pembelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didiknya,” jelasnya.

Selama pandemi virus corona (COVID-19), diberlakukan pula batasan mengenai berkumpul dengan banyak orang dan berinteraksi dalam waktu lama, sehingga pada hari pertama training ini diadakan menggunakan sistem online.

Sedangkan untuk dua hari selanjutnya, akan diterapkan sistem offline namun tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan menerapkan physical distancing, yakni dengan membatasi jumlah peserta dalam satu kelas.

“Sesi pertama ini menggunakan sistem online sedangkan sesi berikutnya hari Selasa dan Kamis, akan diadakan sistem offline atau pertemuan tatap muka di Aula SDIT Permata Surabaya. Satu kelas maksimal kami batasi hanya 15 peserta, dan jaraknya pun kami beri batas satu meter antar peserta agar tidak terlalu dekat,” ungkapnya.

Selain Ustadz Falah, materi juga akan disampaikan oleh Ustadz Ahmad Farid, Ustadz Aziz Sulthon dan Ustadz Imam Masruri. Selain itu, Ustadzah Lutfiatul Marifah selaku Ketua Yayasan Islam Permata pun berkesempatan menyambut pembukaan kegiatan training online Metode Sahabat Tahfidz tersebut.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan ke depannya Griya Al Qur’an maupun Yayasan Islam Permata dapat bekerjasama melalui metode Sahabat Tahfidz yang nanti akan diaplikasikan dalam pembelajaran yang ada pada yayasan tersebut.

“Semoga untuk ke depannya, metode sahabat tahfidz ini nanti akan di apikasikan di Yayasan Islam Pertama, mulai dari cara membacanya, menghafalnya, dan cara mengajarkannya. Jadi guru-guru di sana akan di ajarkan oleh pihak Griya Al Qur’an bagaimana cara mengajar dengan metode tersebut,” tutup Ustadz Falah.

Ia kemudian menjelaskan bahwa metode itu pula yang nantinya akan diaplikasikan dan diajarkan oleh asatidz dan asatidzah kepada peserta didik di Yayasan tersebut.(Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat