Syaikh Hussein Bercerita Ibunya, Tak Bisa Baca-Tulis Mampu Hafal 11 Juz

26 jan GQ-syaikh Huseein

www.griyaalquran.id- Kita yang sudah bisa membaca Al Qur’an dan belum banyak menghafal Al Qur’an sebaiknya malu dengan wanita 70 tahun ini. Meskipun tidak bisa membaca dan menulis tulisan Arab, ia mampu hafal 11 juz Al Qur’an.

Wanita bernama Fatimah ini adalah ibu dari Syaikh Hussein bin Ali Barahmah, Pembina Griya Al Qur’an. Pria yang kini sedang berproses menjadi WNI ini menceritakan kegigihan ibunya untuk menghafalkan Al Qur’an ini di depan jamaah Masjid An Nuur, Perumahan Bendul Merisi Permai Surabaya sesaat sebelum digelarnya Klinik Al Qur’an.

“Ibu saya hanya menggunakan pen, sebuah alat dalam Al Qur’an yang jika disentuhkan pada tulisan Al Qur’an akan membunyikan bacaan ayatnya,” ujarnya.

Baca Juga: Jama’ah Masjid An Nuur Cek Kesehatan Bacaan di Klinik Al Qur’an

Ia bercerita bahwa ibunya memang selalu sibuk dengan alat itu dan setiap harinya selalu terlihat asyik bahkan sibuk dengan alat itu. Suatu saat, ia iseng-iseng bertanya kepada ibunya.

“Saya kaget dengan jawaban ibu saya, beliau bilang sudah menghafal 11 juz, subhanallah, saya tidak menyangka sudah sebanyak itu, dan kami semua tidak tahu,” katanya.

Terlebih lagi, ia menambahkan, bahwa ibunya adalah seorang yang tidak membaca dan menulis huruf arab. “Hanya dengan sebuah pen, beliau bisa mengahafalkan sebanyak itu. Saya salut dengan kegigihannya,” katanya.

Baca Juga: Perlu Tahu, Inilah Berbagai Kisah dalam Surah Maryam

Dalam forum itu ia juga menceritakan kisah lain yang menginspirasi. Dalam sebuah riwayat, ada salah satu ulama salaf yang dikenal ulama besar. Beliau sudah memiliki keilmuan Al Qur’an, hadist dan lainnya. Keilmuannya sudah diakui masyarakat saat itu.

Yang menakjubkan, dalam usia yang tidak lagi muda, 70 tahun, ia terus meluangkan waktu untuk tetap belajar Al Qur’an. Padahal keilmuannya dikenal luas.

Suatu saat muridnya bertanya mengapa ia sesemangat itu untuk terus belajar Al Qur’an? “Ulama itu menjawab, karena Rasulullah pernah bersabda, yang terbaik dari kalian adalah yang belajar dan mengajarkan Al Qur’an. Semua yang belajar Al Qur’an, pasti akan mendapatkan keutamaannya,” kata Syaikh Hussein menirukan.

Baca Juga: Disertasi Doktoral, Bairus Salim Temukan Metode Baru Menghafal Al Qur’an

Ia kemudian menutup pembicaraannya dengan memotivasi siapapun yang hadir terus mendekat dan mendekat dengan Al Qur’an. “Tidak penting Anda usia berapa, tidak penting Anda lulusan apa? Doktor, Profesor, Magister atau apapun. Jika Anda tidak dekat dengan Al Qur’an, kangan harap barokah dan kemudahan dari Allah akan datang kepada Anda,” tegasnya. (wir)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.

HR. Bukhari
Griya Al-Qur'an

Membuka kelas pembelajaran Al-Quran dan sertifikasi guru Al-Quran.

Griya Al-Qur'an Newsletter

Dapatkan info dan kabar terbaru seputar program dan layanan Griya Al-Qur’an, kami kirim langsung ke inbox email Anda. Silakan isi form untuk berlangganan newsletter.

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta