Ternyata, Hubungan dengan Al Qur’an, Menentukan Derajat Seseorang

28 Des Gq Hubungan Seseorang

www.griyaalquran.id- Jika seseorang merasa kurang dihargai oleh banyak orang, sebaiknya ia segera mengevaluasi sedekat apa hubungannya dengan Al Qur’an. Tahukah Anda, bahwa kemuliaan kita baik di dunia maupun di akhirat kelak ternyata terkait erat dengan bagaimana hubungan kita dengan Al Qur’an.

Dalam sebuah hadits disebutkan, dari Umar radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah bersabda, “Allah mengangkat derajat beberapa kaum melalui kitab ini (Al Qur‘an) dan Dia merendahkan beberapa kaum lainnya melalui kitab ini pula,” (HR Muslim).

Menurut Maulana Zakariyya al-Khandahlawi dalam kitabnya Fadhilah Amal, barang siapa yang beriman dan beramal dengan Al Qur‘an, niscaya Allah akan mengangkat derajatnya dan memuliakannya di dunia dan di akhirat. Siapa saja yang tidak beramal dengan Al Qur‘an, maka Allah pasti menghinakannya.

Allah Subhanahu wa Ta‘ala sendiri menyatakan dalam Al Qur‘an surat al-Baqarah ayat 26 dan al-Isra  ayat 82:

“… dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah dan (dengan perumpamaan itu pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk…”

Menurut Maulana Zakariyya, jika seseorang mulai membaca surat dalam Al Qur‘an, malaikat mulai memohonkan rahmat untuknya dan mereka akan terus dalam keadaan berdoa untuknya sampai ia selesai membacanya. Namun, ada pula seseorang yang mulai membaca surat dalam Al Qur‘an, tetapi malaikat mulai melaknatnya sampai ia selesai membacanya.

Menurut sebagian ulama, dikutip Republika, terkadang ada seseorang membaca Al Qur‘an tetapi tanpa disadari ia telah memohon laknat untuk dirinya sendiri terus-menerus. Misalnya, ketika membaca ayat 18 surat Hud yang berbunyi, “Ingatlah laknat Allah (ditimpakan) ke atas orang-orang yang zalim,” sementara pembacanya sendiri berbuat zalim, maka laknat Allah pun menimpanya.

Atau ayat lain yang berbunyi,“Laknat Allah (ditimpakan) ke atas orang-orang yang berdusta,” (QS Ali Imran: 61) sementara pembacanya sendiri suka berdusta, maka ia pun terkena laknat itu.

Dalam sebuah kisah disebutkan, Amir bin Watsilah radhiyallahu ‘anhu menceritakan, bahwa Umar telah mengangkat Nafi’ bin Abdul Haris sebagai wali kota Makkah Mukharamah. Suatu ketika Umar bertanya kepada Nafi’, “Siapakah yang dijadikan pengurus kawasan-kawasan hutan?”

“Ibnu Abza radhiyallahu ‘anhu,” jawab Nafi’. Umar bertanya lagi, “Siapakah Ibnu Abza itu?” Nafi’ menjawab, “Ia adalah seorang hamba sahaya.” Umar bertanya, “Mengapa engkau mengangkat seorang hamba sahaya sebagai pengurus?” Nafi’ menjawab, “Ia adalah hamba sahaya yang senang membaca Al Qur‘an.”

Mendengar jawaban itu, Umar langsung menyebutkan sabda Rasulullah, “Melalui Al Qur‘an, Allah menghinakan banyak orang dan mengangkat derajat banyak orang”. Dekatkan diri Anda dengan Al Qur’an mulai dengan memperbaiki bacaan dan memperbanyak hafalan Al Qur’an. Daftarkan diri Anda ke Griya Al Qur’an. Anda akan didampingi oleh pengajar yang hafidz Al Qur’an dan sudah berpengalaman. Hubungi nomor 0822-6420-2202 untuk mendaftar atau klik www.griyaalquran.id.  (nin)

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.

HR. Bukhari
Griya Al-Qur'an

Membuka kelas pembelajaran Al-Quran dan sertifikasi guru Al-Quran.

Griya Al-Qur'an Newsletter

Dapatkan info dan kabar terbaru seputar program dan layanan Griya Al-Qur’an, kami kirim langsung ke inbox email Anda. Silakan isi form untuk berlangganan newsletter.

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta