Terus Mengaji Saat Pandemi di Griya Al Qur‘an dengan Kelas Ngaji Online

www.griyaalquran.id– Anda ingin belajar ngaji namun terkendala gerak karena aturan PSBB? Griya Al Qur‘an kembali menghadirkan sebuah inovasi dengan menggagas Ngaji Online.

Inovasi ini dihadirkan agar dapat menemani masyarakat untuk tetap belajar membaca Al-Qur‘an sesuai ilmu, sehingga bacaan Al-Qur‘an pun dapat kian sempurna.

Setelah sebelumnya sukses menggelar berbagai program online saat Ramadan, kini Griya Al-Qur‘an akan meneruskan belajar mengajar Al-Qur‘an secara online. Ustadz Afif selaku penanggung jawab program Ngaji Online Griya Al Qur’an menjelaskan, sebelum adanya pandemi, Griya Al-Qur‘an memiliki dua program, yakni Ngaji Reguler dan In-House Study of Qur’an (ISQ).

Untuk Ngaji Reguler, adalah kelas belajar mengajar Al-Qur‘an yang dilakukan di cabang- cabang Griya Al-Qur‘an, sehingga siswa perlu datang ke cabang Griya Al-Qur‘an terdekat. Sementara ISQ adalah kelas belajar Al-Qur‘an di kantor, majlis ta’lim, atau rumah secara privat. Sehingga guru akan menghampiri muridnya.

Namun, setelah adanya pandemi COVID -19 ini, lanjut Ustadz Afif, semua pembelajaran di Griya Al-Qur‘an dialihkan ke sistem online, baik Ngaji Reguler maupun ISQ. “Sehingga program yang baru Ngaji Online ini sebenarnya adalah perubahan nama sementara selama pandemi ini dari program ISQ ke Ngajol (Ngaji Online) agar masyarakat lebih mudah memahami sistem online yang saat ini kami gunakan,” paparnya.

Dengan program Ngaji Online ini, maka masyarakat dapat memanfaatkannya untuk belajar Al-Qur‘an bagi orang perkantoran di mana satu kantor dapat mengaji bersama, majlis ta’lim, bersama sekeluarga, atau sendirian. “Yang pasti, Ngaji Online ini dikhususkan bagi orang berusia 17 tahun ke atas, dan dilakukan dengan video call via WhatsApp atau Zoom,” jelas Ustadz Afif.

Hadir dengan Dua Pilihan Mengaji

Proses pembelajaran Al-Qur‘an dalam Ngaji Online ini, disebutkan Ustadz Afif ada dua pilihan. Pertama, mengaji sesuai kurikulum Griya Al-Qur‘an dengan 25 tatap muka baru selesai 1 level/ tahapan, dengan proses dasar atau awal sebanyak tiga level sehingga dapat benar-benar bisa mencapai bacaan Al-Qur‘an dengan baik dan benar.

Kedua, mengaji dilakukan dengan menyesuaikan keinginan perserta. “Ini seperti mungkin ingin belajar kilat karena ingin cepat bisa, mungkin ingin mengkhatamkan Al-Qur‘an, mungkin ingin setoran hafalan saja , atau mungkin ingin belajar Al-Qur‘an dengan ditambah belajar ilmu agama yang lain,” jelas Ustadz Afif.

Untuk jadwal pendaftaran program Ngaji Online, disampaikan Ustadz Afif, baru akan dibuka pada Senin, 1 Juni 2020 mendatang. Untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya seputar Ngaji Online ini dapat langsung menghubungi Ustadz Afif di nomor 0857 3225 5333.

“Jika ada yang berminat akan bisa langsung kami jadwalkan,” pesannya.

Sebagai inovasi sekaligus solusi untuk bisa terus mengaji dengan aman di masa pandemi, program Ngaji Online ini akan hadir hingga berakhirnya COVID -19. Ustadz Afif pun menuturkan jika ke depannya program mengaji ini lebih nyaman dilakukan secara online, maka akan tetap dapat dilanjutkan secara online.

“Namun, jika murid menginginkan mengaji secara offline, maka mengaji juga dapat dilanjutkan secara offline,” tutup Ustadz Afif. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat