Cara Menghafal Al Qur’an untuk Anak Ala Ustad Adi Hidayat

www.griyaalquran.id- Tak sulit menghafal Al Qur’an apabila sudah dibiasakan sejak kecil, sehingga banyak orang tua Muslim yang menginginkan anaknya bisa menghafal Al Qur’an. Ustad Adi Hidayat pun membagikan cara menghafal Al Qur’an dengan cepat.

Ketika anak baru lahir, Ustad Adi Hidayat menyarankan kepada orang tua untuk memutarkan atau membacakan Al Qur’an tiap satu juz per bulan. Sehingga jika diputar selama 30 bulan, maka jumlahnya sudah 30 juz.

“Kalau Anda punya anak baru lahir, juz pertama diputar. Bulan kedua, juz kedua (Red. diputar/dibacakan). Nanti setelah 30 juz, itu sama dengan 30 bulan. Itu 30 bulan sama dengan 2,5 tahun. Begitu 2,5 tahun, dia sudah mendengar 30 juz,” tutur Ustad Adi Hidayat.

Baca Juga: Akhirnya, PPI Al Mizan Bertemu Metode Menghafal Al Qur’an untuk Siswa

Dan sebaiknya yang pertama perlu dilakukan oleh orang tua adalah berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Meminta agar anak senantiasa didekatkan kepada Al Qur’an sehingga dapat dengan mudah dan cepat menghafal ayat-ayat suci-Nya.

 “Pertama, ibu dan bapak sebagai orang tua anak haruslah memperbanyak doa, meminta kepada Allah subhanahu wa ta’ala didekatkan anak itu kepada Al Qur’an,” ujar Ustad Adi Hidayat dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram faidil_azmi dilansir dari okezone.com.

Setelah berdoa, orang tua sebaiknya menghilangkan segala perangkat elektronik yang menyiarkan acara tidak bagus, dan diganti dengan speaker yang setiap harinya digunakan untuk memutar ayat-ayat Al Qur’an. Hal itu dilakukan agar anak terbiasa mendengar lantunan ayat suci.

Baca Juga:Belajar Mencintai Al Qur’an dari Generasi Terbaik Ummat

“Ubah perangkat di rumah jadi perangkat yang mendekatkan kepada Al Qur’an. Mulai sekarang TV yang acaranya tidak bagus, hilangkan. Beli speaker aktif, putar Al Qur’an. Ya, di ruangan tengah, di kamar bacakan Al Qur’an, buka. Jadi nanti begitu ada, tiap waktu, 24 jam, putar Al Qur’an,” ungkapnya.

Agar semakin hafal, sebaiknya ayat Al Qur’an dibaca ketika shalat wajib ataupun sunah. Dan ketika menjelang tidur, ulangi kembali ayat yang sudah dihafal dan yang baru dihafal agar hafalan tetap terjaga.

“Begitu anak bicara, dia akan mudah menghafal Al Qur’an. Paling lama enam bulan bisa hafal Quran. Setelah tiga tahun hafal Al Qur’an,” pungkasnya.

Baca Juga: 6 Cara Kenalkan Allah kepada Anak

Memulai suatu kegiatan baik, seperti menghafal Al Qur’an memanglah berat dan tentunya perlu niat yang kuat, apalagi bila tidak terbiasa atau belum pernah melakukannya sama sekali. Maka dari itu, cara menghafal yang diajarkan oleh Ustad Adi Hidayat ini dapat menjadi jembatan bagi umat Muslim agar mudah menghafal Al Qur’an. (Gth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat