Mengenal 2 Metode Menghafal yang Mendunia

www.griyaalquran.id Dewasa ini, menghafalkan Al Qur’an menjadi sangat fenomenal, terlebih di Indonesia. Berbagai metode ditawarkan agar menghafal Al Qur`an itu mudah dan menyenangkan. Berikut ini 2  metode menghafal al Qur’an yang populer didunia Islam.

Metode Uzbekistan

Metode ini sedang populer di sebagian negara Islam yang telah terbebas dari paham komunis, seperti: Kirgistan, Kazakhstan, Dagistan terlebih lagi di Uzbekistan. Langkah-langkah menghafalnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: 4 Tipe Manusia Saat Berinteraksi dengan Al Qur’an

  1. Murid memulai dengan perbaikan halaman pertama Al Qur’an dihadapan Syeikh.
  2. Syeikh menyuruhnya untuk mengulang lembaran ini sebanyak tiga ratus kali dengan cara melihat ke lembaran tersebut.
  3. Apabila ia telah mengulanginya sebanyak tiga ratus kali, ia mempresentasikannya di hadapan syeikh tanpa melihat setelah itu meninggalkannya dan mengambil lembaran lain untuk dihafal. Proses seperti ini berlangsung sampai khatam.
  4. Jika telah khatam, Syeikh menyuruhnya membaca Al Qur’an sebanyak 150 kali.
  5. Apabila telah selesai maka ia mendapat gelar Hafidzul Qori.

Yang menarik dari metode ini adalah jumlah pengulangan pada setiap tahapannya yang begitu banyak, jumlah sebanyak ini membuat lisan menjadi fasih dan kuat hafalannya.

Metode Turki

Dalam bidang Al Qur’an Turki memiliki peranan yang penting dan kita layak menghormati cara menghafal masyarakatnya. Langkah-langkah metode mereka adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Begini Tips Mengajak Keluarga Gemar Membaca dan Menghafal Al Quran

  1. Melatih bacaan murid secara melihat dalam jangka waktu yang lama. Mulai dari huruf hijaiyah sampai teknik bacaan Al Qur’an dan membenarkan bacaannya. Kegiatan tersebut berlangsung selama satu tahun. Kemudian dilanjutkan ke tingkat dua yaitu tingkat menghafal.
  2. Menghafal dengan cara lembaran Al Qur’an dibagi menjadi 30 juz. Setiap juz terbagi menjadi 20 lembar dan setiap lembar terdiri dari 15 baris.
  3. Murid pertama-tama mengawali pada halaman terakhir dari juz pertama. Pada hari berikutnya dilanjutkan pada halaman terakhir dari juz kedua. Begitulah seterusnya dilakukan setiap hari sampai akhir halaman setiap juz sampai selesai menghafal 30 halaman. Dan menyelesaikan satu bulan penuh dalam menghafal halaman terakhir setiap juz dari seluruh Al Qur’an.
  4. Pada awal bulan kedua, mulai menghafal halaman sebelum terakhir pada juz pertama. Kemudian pada hari berikutnya halaman sebelum terakhir pada juz kedua. Begitulah seterusnya melakukan seperti pada langkah yang pertama.
  5. Ia melanjutkan cara ini sampai akhir Al Qur’an menghafal kebalikannya. Tatkala menghafal satu lembar ia memperdengarkannya dan halaman-halaman yang dihafalkan sebelumnya. ia membaguskan hafalannya dengan tepat, bagaikan menyusun papan-papan disamping satu bagian dengan bagian yang lain.

            Para ulama menjelaskan seputar metode ini mengenai dampak positif dan negatifnya. Dampak positifnya adalah apabila seorang murid melanjutkannya sampai mengkhatamkan Al Qur’an, maka ia akan memperoleh ingatan yang kuat terhadap nomor-nomor halaman dan juz.

            Akan tetapi, di antara dampak negatifnya adalah jika murid tersebut tidak sabar sampai akhir dan berhenti karena sesuatu hal, ia hanya hafal potongan potongan Al Qur’an saja dan tidak saling berhubungan. Dan jika anda memintanya untuk membacakan satu surat niscaya ia tidak akan mampu melanjutkan bacaannya. Dan ia akan kesulitan melanjutkan hafalannya sekali lagi.

Baca Juga: Betah di Rumah karena Lantunan Al Quran

Hal ini merupakan bagian dari metode-metode yang sulit menerapkannya per juz. Sehingga penerapannya harus secara keseluruhan. Waktu yang terpakai selama dua tahun – kurang lebih – sampai merasakan pengaruh metode ini.{}

Ditulis oleh Imam Masruri, Wakil Masruri, Wakil Direktur Griya Al Qur’an

2 thoughts on “Mengenal 2 Metode Menghafal yang Mendunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat