Murajaah Hafalan, Trik Melawan Kantuk Saat di Jalan

www.griyaalquran.id – Ada cara mudah dan mengundang berkah saat menghalau rasa kantuk saat berkendara, yaitu dengan murajaah hafalan Al Qur’an yang kita punya. Ngantuk hilang, pahala datang.

Hal ini dikatakan oleh Ustadz Muhalimin Mahir, Lc, MA, nara sumber rutin Radio Suara Muslim Surabaya. “Sampai saat ini saya tidak pernah menggunakan kendaraan umum saat pulang ke Bali, selalu saya setir sendiri. Lumayan lah, bisa dapat berjuz-juz di perjalanan. Dan sama sekali tidak mengantuk,” kata pria yang kini berdomisili di daerah Rungkut Surabaya itu.

Ia mengatakan, cara itu sangat efektif untuk mengusir rasa kantuk saat mengemudi dengan jarak yang jauh. “Bayangkan, saya itu sering mengemudi sendiri atau jika dengan anak-anak mereka saya biarkan istirahat. Saya juga sering berangkat malam, atau bahkan tengah malam. Tapi alhamdulillah saya tidak pernah ngantuk sedikitpun,” ujarnya.

Baca juga: Mengenal 2 Metode Menghafal yang Mendunia

Ustadz Muhalimin justru mengatakan dengan murojaah saat di perjalanan akan menguatkan ingatan dan menyehatkan badan. “Saya sudah bertahun-tahun melakukan ini. Dulu sebelum punya mobil, saya sudah biasa dari Surabaya ke Bali, naik motor. Saya kok merasa dengan cara itu, tubuh merasa lebih sehat,” kata alumnus Universitas Islam Madinah itu.

Ia kemudian mengatakan, tak harus hafal 30 juz untuk mencoba memulai tips ini, tapi mulailah dengan apa yang dihafal, mungkin dari juz 30. “Dari surat-surat pendek dulu saja, semoga jika ini menjadi kebiasaan, justru akan memotivasi untuk terus menambah hafalan. Karena jika sudah terbiasa, kita akan merasa asyik,” katanya.

Baca juga: Menggunakan Al Quran Digital, Ini yang Harus Diwaspadai

1 dari 10 Kecelakaan Akibat Mengantuk

Sebuah penelitian di Amerika Serikat antara Oktober 2010 dan Desember 2013 yang melibatkan 3500 pengemudi yang kecelakaan, sebanyak lebih dari 700 kecelakaan disebabkan karena mengantuk.

Mengantuk tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga orang lain. Tak hanya itu, pengemudi yang mengantuk sangat berpotensi merusak properti yang ada.

Baca juga: 4 Tipe Manusia Saat Berinteraksi dengan Al Qur’an

Nah, ayo cegah hal yang membahayakan itu dengan mencoba melakukan murojaah hafalan saat berada di berkendara, ngantuk hilang, nambah hafalan, pahala pun datang. (wir)

One thought on “Murajaah Hafalan, Trik Melawan Kantuk Saat di Jalan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat