Universitas Brawijaya Resmikan Pusat Tahfidz Al Qur’an

www.griyaalquran.id- Kini, tak hanya sekolah-sekolah di tingkat dasar yang menawarkan program tahfidz, jenjang perguruan tinggipun seolah tak ingin kalah. Senin (17/02) lalu, Universitas Brawijaya (UB) Malang resmikan pusat tahfidz Al Qur’an di masjid kampus tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya sivitas akademika untuk membangun karakter yang dekat dengan masjid dan Al Qur’an.

Pembukaan pusat tahfidz Al Qur’an ini diapresiasi oleh Unti Ludigdo selaku Ketua Takmir Masjid Raden Patah UB. Ia berharap, hal ini dapat menjadi wadah para mahasiswa yang berpotensi menjadi hafizh.

“Banyak mahasiswa UB yang memiliki potensi besar dalam menghafal Al Qur’an. Rata-rata mereka sudah hafal 3, 5 hingga 30 juz,” tuturnya dikutip dari bacamalang.

Baca Juga: Ibu Ini Menghafal Al Qur’an Demi Anak

Besarnya potensi para mahasiswa UB dalam menghafal Al Qur’an inilah yang mendorong berdirinya pusat tahfidz. Peresmian ini dilakukan di basement Masjid Raden Patah (MRP) dan dihadiri kurang lebih 100 mahasiswa.

Unti mengatakan bahwa takmir MRP ingin membangun karakter mahasiswa yang dekat dengan masjid dan Al Qur’an. Salah satunya adalah dengan dibukanya pusat tahfidz sebagai wadah para mahasiswa yang hendak menjadi penghafal Alquran.

“Upaya mendorong terciptanya karakter dekat dengan masjid dan Al Qur’an itu salah satunya adalah menyediakan pusat tahfidz sebagai wadah mahasiswa,” ujarnya.

Selain itu, Ketua Takmir MRP tersebut juga mengungkapkan dengan adanya pusat tahfidz ini dapat memperkuat khalifah-khalifah mahasiswa. Agar, dikemudian hari, mereka dapat diikutsertakan dalam lomba MTQ Nasional Mahasiswa,

Baca Juga: Do‘a-do‘a Fenomenal Nabi Ibrahim Ini Diabadikan dalam Al Qur‘an

Di sisi lain, Nur Chanifah, salah satu pembina inti Pusat Tahfidz Al Qur’an UB juga mengakui sudah banyak mahasiswa UB yang hafal Al Qur’an. “Jika kemarin itu prosesnya menghafal masih dengan sistem setor dan pertemuan yang belum sistematis dan kurang optimal, dengan adanya Pusat Tahfidz ini maka harapnya pertemuan untuk menghafal bisa tertata dan efektif,” jelasnya.

Kemudian, menurutnya, beberapa mahasiswa juga mengaku kurang konsisten mengikuti program hafalan karena padatnya jadwal kuliah. Hal ini menyebabkan pertemuan untuk menghafal harus disesuaikan dengan jadwal kuliah mereka.

Dengan pusat tahfidz Al Qur’an yang buka selama jam perkuliahan mahasiswa, maka mahasiswa diharapkan akan lebih mudah lagi menghafal Al Qur’an. Karena, tempat ini buka selama jam perkuliahan UB,” imbuh Nur.

Baca Juga: Mengenal Idarah, Tradisi Membaca Al Qur‘an Secara Bergiliran

Dalam pelaksanaannya, selain melibatkan pembina inti, di dalam pusat tahfidz ini juga akan dipilih 5 pembina putra dan putri untuk membantu kegiatan menghafal Al Qur’an di sini.

Ingin juga memperbaiki bacaan Al Qur’an hingga ke level tahfidz? Silakan menghubungi Griya Al Qur’an di cabang-cabang terdekat Anda. In syaa Allah selain menemukan lingkungan yang kondusif, Anda akan ditemani dengan para pengajar yang hafidz Al Qur’an. Selamat belajar, semoga Allah memudahkan. Aamiin(ipw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Infaq Dakwah Quran BSM 7133370147INFAQ SEKARANG
+ +
WhatsApp chat