Wanita Seharusnya Juga Merdu Saat Membaca Al Qur’an

7 Jan 21 GQ -Wanita Seharusnya Juga Merdu Saat Membaca Al Qur’an

www.griyaalquran.id- Sebagian besar orang merasa bahwa ketrampilan membaca Al Qur’an dengan merdu “hanya” dibutuhkan saat menjadi imam sholat. Karena itulah, tidak banyak wanita yang tertarik untuk mengasah ketrampilan itu. Padahal, ketrampilan membaca Al Qur’an dengan merdu sangat dibutuhkan untuk ,emdekatkan anak dengan Al Qur’an.

Hal itu disampaikan Ustadz Falah Al Burhani, Trainer Kelas Langgam Syaikh Bandar Balila yang digelar Griya Al Qur’an. “Suara merdu saat membaca Al Qur’an sangat penting untuk wanita, terutama jika yang sudah menjadi seorang ibu. Karena itu modal utama seorang ibu untuk mengenalkan Al Qur’an kepada anaknya,” katanya.

Saat ini, ia kemudian menjelaskan, mendekatkan anak dengan Al Qur’an menjadi tantangan besar di era digital ini. Karenanya butuh daya tarik tersendiri untuk mengenalkan dan membuat anak jatuh cinta dengan Al Qur’an. “Karena ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya,” imbuhnya.

Selain itu, pria yang akrab dipanggil Ustadz Falah ini juga menyampaikan bahwa dengan intens belajar irama Al Qur’an, maka kedekatan orang yang sedang belajar irama Al Qur’an akan lebih intens. “Ini mengundang berkah tersendiri, in syaa Allah,” katanya.

Ustadz Dimas M. Ghozali, tim digital Griya Al Qur’an menyampaikan bahwa melafalkan Al Qur’an dengan irama akan lebih membantu umat Muslim dalam memahami makna yang terkandung dalam Al Qur’an.

Sebagaimana hadist shahih Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang mana di situ disebutkan: “Hiasilah Al Qur’an dengan suaramu”.

“Jadi di dalam hadist itu secara harfiyah mengartikan bahwa jika kita ingin mentilawahkan Al Qur’an maka seharusnya dengan suara terbaik,” ujarnya.

Suara terbaik yang dimaksud sesuai dengan surat Muzamil ayat 4 yang berbunyi: “dan bacalah Al Qur’an dengan tartil.” (QS. Al Muzamil:4).

Saat ini, Griya Al Qur’an masih membuka kesempatan untuk akhwat (wanita) untuk Kelas Langgam (irama) dari Syaikh Misyari Rashid dan Syaikh Bandar Balila.

Bagi para peserta yang ingin bergabung dengan Kelas Irama Al Qur’an (Langgam) di Griya Al Qur’an. Peserta dapat mendaftar dan mentransfer ke Bank Syariah Mandiri (BSM) kode bank 451, No. Rek: 7027736224 An. Yayasan Griya Al Qur’an Surabaya, setelah itu konfirmasi transfer di nomor 0822 6420 2202. (Gth)

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.

HR. Bukhari
Griya Al-Qur'an

Membuka kelas pembelajaran Al-Quran dan sertifikasi guru Al-Quran.

Griya Al-Qur'an Newsletter

Dapatkan info dan kabar terbaru seputar program dan layanan Griya Al-Qur’an, kami kirim langsung ke inbox email Anda. Silakan isi form untuk berlangganan newsletter.

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta