Yayasan Al Ibrah Gresik Gelar Training Metode Menghafal Griya Al Qur’an

2020-10-10 20.22.01

www.griyaalquran.id- Sekolah Al Ibrah Gresik sudah dikenal dengan keunggulannya dalam hafidz Al Qur’an. Meski demikian, untuk menguatkan metode menghafal Al Qur’an bagi siswa Yayasan Pendidikan Al Ibrah Gresik, pelatihan menghafal Al Qur’an dengan metode Sahabat Tahfidz Griya Al Qur’an pada Jumat (9/10) secara online. Sementara pelatihan offline digelar Sabtu 10 dan 17 Oktober.

Yayasan Al Ibrah Gresik memiliki program unggulan yaitu program tahfidz untuk semua unit, mulai dari rumah tahfidz, TKIT, SDIT dan SMPIT. Akan tetapi, yayasan tersebut belum mempunyai metode yang baku dan tetap dalam pembelajaran tahfidz, sehinngga mereka mencari lembaga yang sudah mempunyai metode tahfidz teruji dengan baik.

Dari permasalahan tersebut, akhirnya yayasan Al Ibrah bertemu dengan Griya Al Qur’an yang telah memiliki metode Sahabat Tahfidz “Semudah Menghafal Surat Pendek”. Metode itu pula yang nantinya akan diaplikasikan dan diajarkan kepada para pengajar di yayasan tersebut.

“Akhirnya kami ta’aruf atau berkenalan kemudian melakukan studi banding dan sebagainya, sehingga disetujui untuk bekerjasama, maka dilaksanakanlah program training ini,” ujar Ustadz Falah Burhani.

Pelaksanaan training dilakukan dengan dua konsep, yakni online dan offline. Pada training online dipandu oleh Ustadz Falah selaku Manager Training Griya Al Qur’an pada Jumat (9/10) melalui aplikasi zoom meeting bersama dengan Ustadz Imam Masruri.

Jumlah peserta yang mengikuti training tersebut ada 97 peserta atau para pengajar di Yayasan Al Ibrah yang beralamat di Jl. Arif Rahman Hakim Gresik No.20-22, Pekauman.

“Karena masih dalam masa pandemi maka kami pakai konsep online dan offline. Offline nanti kami bagi menjadi dua kelompok, karena tidak mungkin 97 peserta dijadikan satu ruangan. Kelompok pertama akan diadakan pada Sabtu (10/10) sedangkan kelompok kedua Sabtu depannya lagi (17/10),” jelasnya.

Materi yang Disampaikan dalam Setiap Konsep

Ustadz Falah menyampaikan bahwa ketika training online, materi yang diajarkan seputar cara menghafal menggunakan metode Sahabat Tahfidz serta manajemen dan kurikulumnya.

“Jadi nanti akan disampaikan tentang bagaimana kelas yang yang digunakan, durasinya berapa menit, tata letak pembelajaran itu bagaimana akan dijelaskan di pelatihan online,” terangnya.

Sedangkan pada pertemuan offline akan lebih dipertajam lagi mengenai cara dan prakterk menghafal menggunakan metode Sahabat Tahfidz tersebut.

Jika semua peserta sudah paham dan bisa menggunakan metode Sahabat Tahfidz maka akan dilanjutkan materi kedua yakni cara mengajar menggunakan metode tersebut secara berurutan, mulai dari salam pembuka hingga salam penutup.

“Materi yang terakhir disampaikan waktu offline bersama dengan Ustadz Aziz adalah praktek mengajar menggunakan metode Sahabat Tahfidz, dan yang terakhir nanti akan ada tanya jawab seperti biasa,” tutunya.

Ustadz Falah berharap, dengan adanya kegiatan ini maka ke depannya Griya Al Qur’an maupun Yayasan Al Ibrah dapat senantiasa melakukan kerjasama melalui metode Sahabat Tahfidz yang nanti akan diaplikasikan dalam pembelajaran yang ada pada yayasan tersebut. (Gth)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.

HR. Bukhari
Griya Al-Qur'an

Membuka kelas pembelajaran Al-Quran dan sertifikasi guru Al-Quran.

Griya Al-Qur'an Newsletter

Dapatkan info dan kabar terbaru seputar program dan layanan Griya Al-Qur’an, kami kirim langsung ke inbox email Anda. Silakan isi form untuk berlangganan newsletter.